Parpol Diingatkan Tidak Alergi Dapil Khusus Bagi OAP

2:40:00 AM
Pertemuan Bupati Merauke, Frederikus Gebze,
 bersama partai politik serta KPU – Jubi/Frans L Kobun 
Merauke – Partai politik diingatkan tidak alergi dengan adanya daerah pemilihan (dapil) khusus bagi orang asli Papua (OAP) yang diperjuangkan menjelang pemilu legislatif tahun depan.
Hal itu disampaikan Ketua Pemuda Marind, Fransiskus Ciwe, dalam pertemuan bersama Bupati Merauke, Frederikus Gebze, pengurus parpol, serta Ketua KPU setempat, Antonius Kaize, di ruang rapat kantor bupati, Jumat (4/5/2018).
“Saya berterima kasih kepada KPU sebagai penyelenggara, karena dari dua kali dilakukan rapat konsultasi publik untuk penetapan dapil maupun kursi, direspon dengan cepat dan ditetapkan,” katanya.
Dikatakan, KPU telah berpihak kepada orang asli Papua, setelah adanya penetapan Dapil IV dan V yang lebih cenderung diberikan kepada orang asli Papua ikut bertarung dalam pencalegan.
Koordinator Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Wilayah Papua Selatan, Ignasius Ndiken, mengharapkan agar orang asli Papua diberikan ruang seluas-luasnya oleh parpol agar mengikuti beberapa tahapan berkaitan dengan proses pencalegan.
Lalu, pintanya, orang Papua yang sudah dipastikan caleg, harus diberikan nomor mudah, sehingga ada peluang besar untuk lolos. Jika ditempatkan pada nomor terakhir, sudah pasti tak mendapatkan suara signifikan.
Bupati Merauke, Frederikus Gebze, juga minta partai politik  memberikan perhatian khusus kepada caleg orang Papua.
“Saya sebagai pembina politik, tidak akan tinggal diam. Tetapi akan ikut memperjuangkan caleg OAP,” ungkapnya. (*)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

search tickets in here