PNG Diminta Terapkan Bebas Visa Bagi WNI

9:45:00 PM
Ilustrasi, paspor dan visa – Jubi/IST
Jayapura - Pemerintah Papua Nugini (PNG) diminta segera menerapkan bebas visa bagi orang Indonesia seperti halnya Indonesia terhadap para warga negara tetangganya itu.


Kepala Divisi Imigrasi Kemenkumham Papua, Mas Agus Santoso, di Jayapura, Jumat  (15/12/2017), mengatakan selama ini PNG hanya memberikan bebas visa bagi pemegang paspor biru atau paspor dinas.

"Saat pertemuan antarpejabat perbatasan (border laision meeting/BLM) di Sorong yang berlangsung dari tanggal 11-14 Desember, delegasi RI sudah mempertanyakan kapan PNG memberikan bebas visa bagi warga negara RI," kata Mas Agus.

Dikatakan Mas Agus Santoso, penggunaan bebas visa juga diterapkan di pos lintas batas negara (PLBN) Skouw, Kota Jayapura.

“Imigrasi juga sudah siap dengan dokumen perjalanan berdasarkan Internasional Civil Avization Organization,” kata Mas Agus.

Ketika ditanya tentang penggunaan kartu pas lintas batas bagi penduduk perbatasan, Kadiv Imigrasi Kemenkumham mengaku tetap dapat digunakan sebagai dokumen perjalanan karena sudah disepakati kedua negara.

"Walaupun demikian kami masih menunggu hasil lengkap yang sudah disepakati dalam pertemuan di Sorong," kata Kadiv Imigrasi Kemenkumham, Mas Agus Santoso.

Tercatat lima kabupaten dan kota di Papua yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini yakni Kota Jayapura, Kabupaten Keerom, Pegunungan Bintang, Boven Digul, dan Kabupaten Merauke. (*)

Sumber: www.tabloidjubi.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »