Berita

Mahasiswa dan Pemuda Papua Dilatih Menganalisa Konflik

Pemuda dan Mahasiswa ketika mempesentasekan hasil
dikusinya di salah satu Hotel di Jayapura - Jubi/Hengky Yeimo
Jayapura –Sejumlah mahasiswa dan pemuda di Papua dilatih menganalisa konflik sumber konflik oleh LSM Ilalang Papua,LP3S, dan Masagena.  Kegiatan digelar di Jayapura itu sebagai upaya mencegah konflik masyarakat di Papua.
"Ketika kita sudah mengetahui konflik harus dicegah. Agar tidak merembes kemana mana," kata Direktur Ilalang Papua, Hardin Halidin, kepada, Jubi, selasa (5/12/2017).
Menurut dia, terdapat  empat sumber konflik yang harus dicegah, yaitu isu agama, isu suku etnis, isu Otsus, politik di Papua. “Ini  perlu diperkaya kearifan lokal untuk mencegah konflik,” Hardin menambahkan.
Ia menjelaskan, akar konflik di sejumlah daerah sangat berbeda sehingga penyelesaianya tidak bisa copy paste dari negara lain di dunia. Sedangkan ketika sudah  mengetahui pencegahan konflik perlu menginternasionalisasi keberagaman sebagai panduan membangun perdamaian di Kota jayapura.
Panitia penyelenggara pelatihan analisa konflik, Munawir, mengatakan  kegiatan pelatihan berlangsung selama 3 hari. "Saya berharap peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik agar dapat menambah wawasan peserta mengenai penanganan konflik di Papua," katanya. (*)

About Karoba News

Powered by Blogger.