Berita

Kematian Misterius di Samenage, Warga Pertanyakan Petugas Puskesmas

Jumpa pers yang digelar menyangkut kondisi
masyarakat di Samenage, Yahukimo-Jubi/Islami
Wamena – Sebelas warga di Distrik Samenage, Kabupaten Yahukimo dikabarkan meninggal dunia secara misterius akibat gejala penyakit yang sulit dideteksi. Kejadian yang terjadi sejak awal Oktober 2017 itu tanpa pertolongan dari lembaga kesehatan setempat.
“Kepala Puskesmas pembantu dan kepala Puskesmas Samenage tidak pernah berada di tempat. Biasanya  kami ditolong oleh Pastor John Djonga apabila masyarakat terkena penyakit,” kata Sekretaris Desa Hubi Lokon, Samenage, Niko Huge, Rabu (18 /10/2017).
Ia mejelaskan, kondisi itu sangat ironis apa lagi Pastor bukan kepala Puskesmas. 'Tetapi yang menyelamatkan masyarakat adalah pastor,” kata Niko menambahkan.
Komentar yang sama juga disampaikan Kepala Suku Haleroma, Emanuel Esema, yang mengaku beberapa tahun terakhir ini petugas kesehatan di wilayah tersebut tidak berada di tempat.
"Pemimpinnya tidak ada yang serius, sehingga banyak masyarakat yang korban,” kata Emanuel.
Padahal keberadaan  petugas adat sangat diharapkan bisa menolong warga, namun banyak tak tertolong.
Kekesalan juga disampaikan Kepala Kampung Muke, Distrik Semenage, Saha Yagaze Hugi, yang meminta kepala Puskesmas dan kepala Puskesmas pembantu harus bertanggung jawab terhadap kematian warganya.
“Karena petugas tidak menjalankan tugas sehigga masyarakat meninggal,” kata Saha.
Ia berharap ada tanggungjawab dari pemerintah agar kejadian itu tak terlang lagi “Jangan ambil gaji saja, tetapi tidak melakukan pelayanana," katanya. (*)

About Karoba News

Powered by Blogger.