Berita

Legislator Desak Pelantikan MRP Dipercepat

Ilustrasi Kantor MRP - Dok. Jubi 
Jayapura - Legislator Papua,  Ruben Magai mendesak Pemprov Papua segera melantik anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) terpilih, periode lima tahun ke depan.
Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Papua itu mengatakan, sudah setahun lebih lembaga kultur orang asli Papua tersebut vakum. Ia mempertanyakan, siapa yang bertanggungjawab terhadap kondisi tersebut, apakah pemerintah pusat atau Pemprov Papua. 
"Saya pikir semua proses sudah dilaksanakan. Kalau misalnya sudah ada SK Mendagri, segera lantik. Jangan biarkan MRP vakum terlalu lama," katanya, akhir pekan kemarin. 
Katanya, kursi MRP harus segera terisi supaya perwakilan adat, agama dan perempuan di lembaga itu, dapat segera melaksanakan apa yang menjadi tugas tanggung jawab mereka.
"Jangan ada yang berupaya mempolitisir pelantikan MRP ini. Ini lembaga kultur yang akan bicara hal terkait orang asli Papua," ujarnya.
Hal yang sama dikatakan legislator Papua lainnya, Orwan Tolli Wone. Wakil Ketua Komisi I DPR Papua bidang pemerintahan dan politik itu mengatakan, penting anggota MRP terpilih dari lima wilayah adat segera dilantik, karena posisi mereka cukup penting dalam tahapan pilgub Papua, 2018.
"MRP akan melakukan verifikasi terhadap keaslian orang Papua kepada calon gubernur dan wakil gubernur Papua," kata Orwan.
Menurutnya, jika memang Mendagri telah mengeluarkan SK pelantikan, sebaiknya SKPD terkait di Pemprov Papua, Biro Hukum atau Kesbangpol, segera memproses pelantikannya. (*) 

About Karoba News

Powered by Blogger.