Adat

Gempha Perkuat Kegiatan Internal dan Eksternal Organisasi

Pengurus Gempha berpose bersama usai dilantik - IST
Jayapura – Ketua Generasi Muda Papua untuk Hak Adat (Gempha), Deckler I. C. Yesnath, mengatakan berdasarkan musyawarah pihaknya telah memutuskan untuk menyelenggarakan kegiatan internal maupun external organisasi selama masa kepemimpinannya.
Deckler I. C. Yesnath mengatakan untuk penguatan kapasitas, Gempha akan fokuskan pada keanggotaan internal organisasi untuk melakukan kegiatan, diskusi, pelatihan advokasi, guna meningkatakan kapasitas pengurus. 
Lebih lanjut Deckler I. C. Yesnat mengatakan untuk kegiatan external pihaknya akan melakukan pengorganisasian mahasiswa, baik di asrama maupun kampus, agar bersama merespon isu-isu yang berkembang di masyarakat adat, isu sawit dan perlindungan hutan, serta isu sosialnya. Isu  ini akan dikawal dalam bentuk aski damai.
“Kami akan menyelenggarakan kegiatan penulisan opini. Kami juga akan melakukan investigasi. Kami akan bekerja mulai dari Jayapura kemudian kami akan melanjutkan di daerah yang selalu bermasalah mengenai hutan adat,” kata Deckler I. C. Yesnath, ketika ditemui Jubi di Asrama Pemerintah Kabupaten Tambraw, di Jayapura, Kamis (14/9/2017). 
Dikatakan, mereka juga akan menyelenggarakan debat antarakampus, penelitian bagi anggota Gempha, dialog, dan pelatihan advokasi. 
“Kami juga akan melaksanakan kegiatan kebudayaan dengan terlibat dalam iven-iven yang akan diselenggarakan pemerintah maupun masyarakat adat di kampong-kampung. Program ini sudah diputuskan dalam raker dan minggu depan kami akan menjalankan program bersam anggota,” ungkapnya.
Sementara itu, Bidang Pendidikan dan Pengembangan Organisasi, Agus Tawer, mengatakan mereka telah melaksanakan rapat kerja usai pemilihan ketua Gempha.
“Ada beberapa program internal organisasi untuk mengembangkan kapasitas pengurus misalnya diskusi internal, pelatihan adovaksi, diskusi rutin, ini akan menjadi tanggung-jawab kami dalam menjalankan roda organisasi,” kata Agus Tawer.

About Karoba News

Powered by Blogger.