Berita

Pemprov Papua ingatkan antisipasi pengaruh modernisasi

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Papua, Naftali Yogi melakukan pengguntingan pita gedung serba guna Jemaat Eden Tanjung Ria, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura - Jubi/Alex
Jayapura - Gubernur Papua Lukas Enembe melalui Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Papua,Naftali Yogi mengingatkan masyarakat di Tanah Papua untuk mengantisipasi pengaruh modernisasi.
"Pengaruh  modernisasi sudah ada di Papua, sehingga  perlu diantisipasi semua pihak," kata Naftali saat menghadiri HUT ke-69 dan peresmian gedung serba guna Gereja Jemaat Eden Tanjung Ria, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Minggu (9/7/2017).
Menurutnya, kebanyakan gedung gereja di wilayah terpencil Papua masih beratapkan daun bobo dan berdindingkan kulit kayu serta berlantaikan tanah. Namun jemaatnya tetap memuliakan dan memuji Tuhan.
Sementara di wilayah perkotaaan yang serba modern ini, justru Tri Panggilan Gereja perlahan mulai kendor, bahkan dininabobokan pengaruh modernisasi.
Oleh karena itu, ujarnya, peran orang tua, gereja dan pemerintah menjadi penting, antara lain, melalui siraman rohani dan pembinaaan mental spiritual di masing-masing gereja. 
Hal senada disampaikan Ketua Sinode GKI Papua Pdt. Andrikus Mofu. Dirinya mengatakan ada dua hal yang perlu diperhatikan jemaat. Pertama, gereja merupakan  sasaran pembinaan dan penguatan jemaat. Kedua, jemaat  merupakan pusat pertumbuhan gereja.
"Dua hal ini yang harus benar-benar diperhatikan jemaat di masing-masing gereja. Dengan demikian hal-hal negatif dapat diantisipasi," kata Pendeta.
Sementara itu, Ketua Panitia peresmian, Jery Mzen menjelaskan gedung serba guna Jemaat Eden Tanjung Ria terdiri dari tiga lantai, dengan menelan anggaran sebesar Rp4 miliar. (*)

About Roy Karoba

Life for Us
Powered by Blogger.