Berita

Samson Faisi: Jangan Pakai Isu Papua Untuk Jatuhkan Sogavare

Samson Faisi (kiri) mengingatkan agar isu West Papua
tidak digunakan untuk jatuhkan PM Kepulauan Solomon - theislandsun
Jayapura – Samson Faisi, pemimpin Gerakan Free West Papua di Kepulauan Solomon minta partai-partai politik Solomon tidak mengaitkan isu West Papua untuk menjatuhkan PM Manasseh Sogavare.
Faisi mengaku kecewa menyaksikan pemimpin nasional, seperti Nathaniel Waena pemimpin People's Alliance Party, menggunakan isu West Papua sebagai alibi untuk menjatuhkan Perdana Menteri Sogavare.
Dilansir theislandsun, Selasa (15/11/2016) Faisi meminta partai-partai politik menggunakan argumentasi lain untuk mencari alibi kepentingan politik mereka, “seharusnya mereka cari alasan berbasis kegagalan kebijakan pemerintah saat ini, bukan soal West Papua,” kata dia.
Dia mengecam keras Nathaniel Waena yang meminta Perdana Menteri Sogavare mundur. “Jauhkan isu West Papua dari kepentingan politik. Persoalan West Papua itu menyangkut keamanan dan kebebasan sebagai manusia, kita harus pikirkan ini sungguh-sungguh,” ujarnya.
Faisi menganggap para pemimpin nasional sudah bertindak kekanak-kanakan. Menurut dirinya yang juga anggota aktif sebuah partai politik, pernyataan tersebut tidak saja memalukan tetapi juga mempermalukan negeri sendiri.
Para pemimpin, lanjut Faisi, seharusnya melihat West Papua sebagai isu nyata kemanusiaan ketimbang bicara omong kosong.
“Tujuah negeri di Pasifik ada di belakang perjuangan untuk pembebasan West Papua dan sungguh memalukan jika Kepulauan Solomon mengambinghitamkan West Papua dalam perseteruan politik ini,” ujarnya.(*)

About Karoba News

Powered by Blogger.