Berita

Pengunjung Festival Pegunungan Arfak Meningkat

Festival Pegunungan Arfak 2015 - IST
Manokwari – Jumlah pengunjung Festival Budaya Pegunungan Arfak (Pegaf), Papua Barat, tanggal 12 – 17 November 2016 melonjak naik daripada tahun sebelumnya.
Pengunjung festival tahun 2016 diperkirakan 300 orang, sementara tahun lalu hanya sekitar 200 orang.
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Papua Barat, Gunawan Heri, kepada Jubi di Manokwari, Jumat (18/11/2016) mengatakan lonjakan ini seiring promosi yang dilakukan pihaknya.
Ia mengatakan potensi wisata Kabupaten Pegaf kini menjadi 75 persen dari sebelumnya yang hanya 55 persen.
“Daya tarik wisatawan ke Pegaf adalah keunikan burung bidadari dan rumah kaki seribu serta potensi alam pesisir danau Anggi,” kata Gunawan.
Ia mengakui banyak dari antara pengunjung yang penasaran dengan rumah adat kaki seribu yang berdiri sejak ratusan tahun lamanya. Meski demikian, pihaknya berjanji akan terus membenahi infratstruktur, terutama jalan dan jembatan untuk menarik lebih banyak pengunjung.
“Sehingga lewat ivent ini dapat menarik investor untuk membangun hotel dan fasilitas penunjang lainnya,” katanya.
Sementara Bupati Pegaf, Yosias Saroi mengatakan akan menjadikan Festival Rumah Kaki Seribu sebagai agenda tahunan untuk menarik wisatawan.
Ia berharap Pemerintah Pusat dan Provinsi Papua Barat mempunyai perhatian khusus untuk pengembangan dan pelestarian obyek wisata di kabupaten seluas 2,773.74 kilometer persegi ini. (*)

About Karoba News

Powered by Blogger.