Berita

Para Guru di Merauke Diminta Introspeksi Diri

Merauke - Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke yang membidangi masalah pendidikan, Moses Kaibu memberikan ucapan selamat kepada para guru  bertepatan dengan peringatan hari guru hari ini tanggal 25 November 2016.
“Selamat kepada semua guru yang mengabdikan diri dalam kota maupun di kampung-kampung di Kabupaten Merauke. Juga terimakasih kepada para guru pendahulu dari berbagai daerah yang sudah masuk ke pedalaman untuk mengabdikan diri membangun orang asli Papua,” kata Moses kepada Jubi di ruang kerjanya Jumat (25/11/2016).
Dalam kesempatan itu, Moses meminta kepada para guru agar merefleksikan diri sebaik mungkin. Artinya, apakah selama ini telah menjalankan atau melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin atau tidak kepada anak didik terutama di daerah pedalaman.
“Tidak dapat dipungkiri jika proses belajar mengajar di daerah pedalaman, praktis tidak berjalan baik. Sebagai dewan, saya tidak mempersalahkan siapa-siapa termasuk para guru sendiri. Tetapi marilah kita melihat kembali dan mempunyai hati bagi anak-anak asli Papua,” pintanya.
Moses juga mengungkapkan, pihaknya telah bertemu dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Merauke, Yohanis Samkakai sekaligus membicarakan kepincangan pendidikan.
“Nah, sudah ada gagasan atau pemikiran dari kepala dinas agar dibentuk tim kerja yang melibatkan beberapa perguruan tinggi, dewan maupun pemerintah serta beberapa stakeholder lain untuk mencari solusi tepat dalam mengatasi persoalan tentang proses belajar mengajar di pedalaman,” katanya.
Seorang tokoh pendidikan Merauke, Dominikus Ulukyanan menambahkan, salah satu persoalan mendasar hingga guru tak berada di tempat tugas adalah dengan adanya program yang mewajibkan mereka  melanjutkan kuliah agar bisa sertifikasi.
Dengan demikian, lanjut Dominikus, para guru lebih memilih ke  kota dan anak didik di kampung-kampung, tidak diperhatikan. Sehingga praktis mereka tak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar. “Saya kira ini persoalan serius terhadap anak didik terutama di daerah pedalaman Pulau Kimaam,” tegasnya. (*)

About Roy Karoba

Powered by Blogger.