Berita

Kabel Optik Terputus, Jaringan Internet di Papua Terganggu

Ilustrasi
Timika – Jaringan internet hampir diseluruh Papua mengalami gangguan. Hal tersebut lantaran putusnya kabel fiber optik jalur atas yang berada di wilayah Sorong, Papua Barat.Alhasil, beban penggunaan data menjadi overload lantaran jalur atas yang putus dialihkan ke jalur bawah.
Selain itu, terjadinya gangguan jaringan internet di sebagian besar wilayah Papua, disebabkan alat berat yang mengerjakan pelebaran jalan di daerah Sorong. Atas pekerjaan itu, menyebabkan kabel fiber optik dari Manado untuk wilayah Papua, putus.“Ada putus, akhirnya semua traffic dilewati antara Kendari, Ambon, sampai Jayapura, sehingga overload. Ini karena pelebaran jalan di Sorong,” kata kepala kantor Telkom cabang Timika, Charles Aronggear, Jumat (25/11/2016) malam di Timika, Papua.Dikatakan Charles, wilayah Papua terdiri dua jalur kabel fiber optik, yaitu bagian atas dan bagian bawah. Sementara pada bagian atas putus, sehingga traffic dialihkan ke bagian bawah dan mengalami overload. “Jadi kita ini kan ada dua kaki, satu lewat atas yang dari Manado ke Ternate, Sorong. Terus dari Sorong itu titiknya sampai ke Jayapura yang melewati Manokwari, Biak, Sarmi, dan Jayapura. Terus kaki yang bawah itu lewat Kendari, Ambon, Kaimana, Fak-Fak, Sorong, Timika, dan Merauke. Karena putus di atas, akhirnya traffic semua ikut yang dari Kendari (Jalur bawah), jadinya overload,” jelas Charles.
Dampak dari itu, sebagian besar daerah-daerah di wilayah Papua mengalami gangguan jaringan internet, seperti Merauke, Timika, Kaimana, Fak-Fak, Sorong, Manokwari, Biak, Sarmi, dan Jayapura. Selain itu Ambon dan Ternate juga dipastikan mengalami hal yang sama.
“Jadi Papua full, artinya kita punya kaki (jalur) dari bawah, tapi tidak mampu, dia overload,” katanya.
Terganggunya jaringan internet di Papua terjadi sejak pukul 17.00 WIT hingga malam ini. Dan saat ini pihak Telkom tengah melakukan upaya perbaikan, dan diharapkan malam ini bisa teratasi. (sym)

Sumber : www.okezone.com

About Roy Karoba

Powered by Blogger.