Berita

Dinkes Yahukimo Bagikan Obat Pencegahan Kaki Gajah

Pemberian obat pencegahan kaki gajah bagi para siswa siswi
 di SMA Negeri 1 Dekai oleh dinas kesehatan Yahukimo-Jubi/Ist
Wamena – Mencegah penyebaran penyakit kaki gajah, dinas kesehatan Kabupaten Yahukimo melakukan pembagian obat secara gratis kepada masyarakat.
Kepala seksi penanggulangan penyakit menular Dinas Kesehatan Yahukimo, Mia Puhili menjelaskan, program ini merupakan program nasional yang telah dimulai di Yahukimo sejak tahun 2015 lalu.
Diakuinya, hingga kini sudah ada masyarakat di Yahukimo yang terkena penyakit kaki gajah, sehingga pemberian obat ini sangat penting agar tidak ada lagi masyarakat yang terkena penyakit yang sama.
“Ada beberapa masyarakat di beberapa wilayah di Yahukimo yang positif terpapar penyakit ini, Yahukimo pun termasuk wilayah merah untuk penyakit kaki gajah,” kata Mia dalam siaran persnya yang diterima wartawan Jubi di Wamena, Selasa (1/11/2016).
Dijelaskan, program pencegahan dan pemberian obat kaki gajah ini merupakan kedua kalinya dilakukan, di mana program eliminsasi kaki gajah ini dilakukan selama lima tahun berturut-turut sehingga untuk masyarakat akan mendapatkan obat setiap tahunya.
“Pada tahun 2015 dinas kesehatan Yahukimo telah menjangkau 4000 an orang dari target 5000 orang. Umumnya masyarakat menyambut baik program ini, sehingga diharapkan ke depannya semakin banyak masyarakat yang dijangkau,” kata Mia.
Pemberian obat penyakit kaki gajah ini dilakukan dinas kesehatan di SMA Negeri 1 Dekai pada Senin (31/10/2016) yang diikuti seluruh siswa/siswi di sekolah tersebut.
Sementara Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Dekai, Welter Elopere menyambut baik program tersebut, menurutnya program seperti ini harus semakin ditingkatkan sehingga generasi penerus bangsa bisa bebas dari penyakit-penyakit berbahaya.
“Kami berterima kasih kepada dinas kesehatan yang telah melakukan kegiatan ini. Ini merupakan bentuk kerjasama yang baik, karena siswa siswi di sini merupakan generasi penerus kabupaten ini, sehingga anak-anak bisa belajar dengan baik dan tidak terhambat oleh sakit,” kata Elopere.
Untuk itu, dirinya pun berharap ke depan kerjasama seperti ini bisa terus berlanjut, dengan program-program pencegahan lainya seperti sosialisasi HIV-AIDS dan juga pemeriksaan HIV maupun VCT. (*)

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.