Aksi

FIM aksi pengalangan dana untuk penderita tumor di Kaimana

Forum Independen Mahasiswa (FIM), Jayapura saat mengelar
aksi pengalangan dana untuk penyakit yang diderita
warga kampung Kensi – Jubi/ Agus Pabika.
Jayapura – Forum Independen Mahasiswa (FIM), Jayapura menggelar aksi sosial kemanusian dengan pengalangan dana kesehatan untuk penderita tumor ganas dan wabah TBC di Kabupaten Kaimana berlokasi di lampu merah Abepura, Senin (17/10/2016).
Kegiatan pengalangan dana yang digelar bersama mahasiswa Kaimana kota studi Jayapura tersebut dikhususkan buat penderita tumor ganas dan wabah TBC di kampung Kensi, Distrik Teluk Arguni, Provinsi Papua Barat.
Ketua FIM Jayapura Teko Kogoya mengatakan, sejumlah penduduk di Kampung Kensi menderita penyakit tumor ganas, batuk, demam, asma dan TBC.
"Yang sudah teridentifikasi 4 orang terkena tumor ganas, dua laki-laki dan dua perempuan, ada 20 orang mengalami gejala batuk yang disertai TBC,” katanya.
Kogoya mengatakan, beberapa penyakit tersebut sudah diderita warga Kampung Kensi, namun hingga saat ini belum ada pengobatan dan pemeriksaan, baik dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana maupun provinsi.
“Sehingga kami mendesak Pemkab Kaimana dan Pemprov Papua Barat segera meninjau dan memberikan jaminan pengobatan kepada penderita, karena kami khawatir penyakit tersebut dapat menular ke kampung dan dusun lain,” ujarnya.
FIM, katanya, mendesak Pemkab Kaimana segera merelalisasikan fasilitas Pustu dan menambah tenaga medis di Kampung Kensi.
Kordinator Lapangan Ndoringga Yarinap menyambut baik aksi FIM dengan melihat persoalan kesehatan di Kampung Kensi. Sebab masalah kesehatan yang dihadapi warga di sana adalah wabah.
“Belum teridentifikasi di beberapa kampung lainnya, sehinga mendesak tujuan pengalangan tersebut mengurangi beban korban dan menyadarkan pemerintah Kaimana untuk melihat masalah kesehatan ini,” katanya.
Hasil pengalangam dana di Abepura selama dua jam hingga pukul 11.00 siang berjumlah Rp1.163.000. Dana ini akan disumbangkan kepada penderita.(*)

About PAPUAtimes

Powered by Blogger.