Berita

Taiwan dan Papua Jadi Agenda 2 Negara di Sidang Majelis Umum PBB

PM Manasye Sogavare sebelum berangkat menuju Brisbane,
 Jumat (16/9/2016) – Dok. Sekretariat PM Kep. Solomon
Jayapura – Perdana Menteri Kepulauan Solomon, Manasye Sogavare berangkat ke Brisbane hari ini, Jumat 16 September. Dari Brisbane, ia akan melanjutkan perjalanan ke New York untuk menghadiri Sidang Umum PBB yang ke-71.
Sidang Debat Majelis Umum PBB ke-71 yang berlangsung tanggal 16-25 September 2016 ini akan difokuskan pada pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) 2030 untuk pembangunan berkelanjutan, yang diadopsi pada UNGA 70. Selain itu, tiga pertemuan tingkat tinggi tentang pengungsi dan migran, resistensi antimikroba dan Perjanjian Iklim Paris akan berlangsung juga minggu depan.
Sidang Debat Majelis Umum PBB ke-71 akan menjadi khusus untuk Kepulauan Solomon, karena Kepulauan Solomon akan berperan sebagai Wakil Presiden selama Debat Majelis Umum. Perdana Menteri Sogavare akan memimpin beberapa sesi debat. Fiji akan bertindak sebagai presiden Majelis Umum.
“Republik Rakyat China akan menyoroti keinginan Taiwan untuk menjadi PBB dan isu Papua Barat akan disampaikan oleh Kepulauan Solomon,” tulis rilis Kantor Perdana Menteri Kepulauan Solomon yang diterima Jubi, Jumat (16/9/2016).
Di sela-sela debat umum, Perdana Menteri Sogavare diagendakan melakukan pembicaraan bilateral dengan Perdana Menteri Malcolm Turnbull, bertemu dengan Presiden Misi Kristen untuk Komunitas PBB, Dr Garry Allen, menghadiri pertemuan Jepang-Pasifik, menghadiri rapat Pemimpin Forum Kepulauan Pasifik dengan Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon dan mengadakan pertemuan Koalisi Pasifik untuk Papua Barat. (*)

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.