Berita

Lahirkan Generasi Sehat dan Cerdas, DKP Biak Papua Sosialisasikan Gemar Makan Ikan

Foto : Gerakan gemar makan ikan anak-anak Papua.(IST)
Biak Numfor - Dalam upaya melahirkan generasi papua yang sehat, cerdas dan kuat, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Biak Numfor, Papua mengajak warga Biak gemar makan ikan.
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Biak Numfor, Effendi Igrissa mengatakan, dengan makan ikan yang rutin diharapkan dapat menjadi solusi dalam masalah kesehatan kurang gizi kronis yang disebabkan asupan gizi untuk anak.
Apalagi Kabupaten Biak Numfor memiliki potensi ikan yang melimpah sebagai solusi pemenuhan pangan dan gizi masyarakat, " kata  Effendi di Biak, Kamis (8 Septembe 2016).
Dijelaskannya, ikan memiliki berbagai keunggulan, antara lain kaya akan kandungan asam lemak omega tiga, kandungan proteinnya tinggi, dan rendah lemak, terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).
Sosialisai program gemar makan ikan (gemari) tersebut, menurut Effendi, DKP Biak telah gencar menyosialisasikan melalui lomba memasak serba menu ikan.
"Tahun 2017 gerakan gemar makan ikan akan dilakukan hingga ke distrik dan pelosok kampung/desa sehingga meningkatkan jumlah konsumsi ikan masyarakat Biak Numfor," harapnya.
Dia mengungkapkan, pemerintah menargetkan konsumsi ikan masyarakat di Kabupaten Biak Numfor makin meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.
Pada tahun 2016/2017, menurut Effendi, telah ditargetkan setiap kepala keluarga mengkonsumsi ikan sebanyak 43,88 kg dalam setahun.
Dari data Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia pada 2015, lanjutnya, untuk konsumsi ikan masyarakat baru mencapai 41,11 kg/kapita.
"Diperlukan upaya keras dan dukungan dari stakeholders untuk mendukung gerakan gemar makan ikan. Dengan peningkatan konsumsi ikan masyarakat, tidak hanya menghasilkan generasi yang sehat dan cerdas, namun juga dapat menjadi penghela dari perkembangan industri perikanan karena penyerapan produk perikanan akan semakin meningkat," ujarnya.
Kadis DKP Effendi mengatakan, ikan memiliki kandungan protein yang tak kalah dengan gizi yang terkanudng daging.
Bahkan dengan mengkonsumsi ikan yang rutin, menurut Effendi, dapat menjadi sumber protein dan gizi pengganti daging.
"Protein pada ikan memiliki komposisi dan kadar asam amino esensial yang cukup lengkap. Ikan juga mengandung asam lemak omega-3 yang memiliki keunggulan khusus dibanding pangan hewani lain, karena komposisi asam lemak esensialnya tidak jenuh ganda," ungkapnya.
Pada tahun 2016 DKP Biak telah memberikan bantuan peralatan pengolahan ikan untuk berbagai kelompok nelayan dan perempuan gereja di berbagai distrik diantaranya, Biak Kota, Samofa, Yendidori, Biak Barat serta beberapa kampung lainnya.

About Karoba News

Powered by Blogger.