Berita

KNPB Milik Semua Orang Papua, Bukan Hanya Yahukimo

KNPB saat melakukan aksi di Kota Jayapura -
 Jubi/Yuliana Lantipo
Jayapura – Legislator Papua, Natan Pahabol mengatakan Komite Nasional Papua Barat (KNPB)--organisasi yang selama ini gencar mangkampanyekan isu Papua merdeka, bukan hanya milik orang Yahukimo, melainkan milik semua orang Papua.
Jika ada yang berpandangan seolah-olah KNPB hanya milik orang Yahukimo, itu keliru. KNPB tidak dibentuk oleh orang Yahukimo, tetapi semua masyarakat Papua.
“Semua unsur rakyat Papua ada di dalam KNPB,” kata Natan Pahabol pekan lalu.
Menurut legislator dari daerah pemilihan Yahukimo, Yalimo dan Pegunungan Bintang itu, jangan ada pihak yang berpikir kalau KNPB yang selama ini gencar mengkampanyekan kebebasan Papua di Kota Jayapura dan daerah lain di Papua hanya beranggotan masyarakat Yahukimo.
“Jangan lagi ada pernyataan-pernyataan yang seolah-olah menyebut KNPB itu hanya milik orang Yahukimo atau seakan-akan mereka yang ada dalam KNPB hanya orang Yahukimo. KNPB bukan hanya ada di Yahukimo, tetapi di semua kabupaten/kota di Papua dan Papua Barat,” katanya.
Legislator Papua lainnya dari daerah pemilihan Pegunungan Bintang, Yalimo dan Yahukimo, Gerson Soma mengatakan KNPB adalah salah satu organisasi yang dibentuk orang asli Papua (OAP) untuk menyuarakan ketidakadilan.
 “KNPB ini dibentuk oleh orang asli Papua dari berbagai wilayah. KNPB ini adalah organisasi yang mewakili OAP, baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional,” kata Gerson.
Menurutnya KNPB gencar mengkampanyekan dan berbicara mengenai hak-hak dan harga diri OAP. Mereka berjuang karena ada ketidakadilan. (*)

About Karoba News

Powered by Blogger.