Alam

Gubernur: Papua Aset Penting bagi Dunia

Gubernur Papua Lukas Enembe (Istimewa)
Jayapura - Gubernur Papua Lukas Enembe menegaskan, Papua adalah aset penting bagi dunia karena kelestarian hutan, kekayaan flora dan fauna, dan keragaman budayanya.
"Kita menginginkan agar Papua menjadi pemimpin terdepan bagi seluruh daerah di Indonesia dalam membangun dan mencapai masa depan yang berkelanjutan, dengan didasarkan pemanfaatan hayati dan jasa ekosistem secara bijaksana," ujarnya di Jayapura, Minggu (11/9).
“Keindahan bentang alami Papua, kekayaan flora fauna, dan keragaman budaya Papua merupakan aset strategis daerah dan nasional, bahkan internasional, dalam pengembangan kepariwisataan dan ekonomi kreatif," sambungnya.
Karenanya pelaksanaan Konferensi Keanekaragaman Hayati, Ekowisata dan Ekonomi Kreeatif (ICBE 2016) di Papua pada 7-10 September 2016, menjadi momen penting untuk memberitahukan kepada semua pihak bahwa Papua memiliki sumber daya yang luar biasa.
"Sumber daya tersebut harus dikelola dan dimanfaatkan secara berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas hidup orang asli Papua agar keluar dari kungkungan ketertinggalan, kemiskinan, kebodohan, keterisolasian, keterbelakangan, dan ketidakadilan," kata Enembe.
Lukas Enembe yakin dengan dukungan generasi baru Papua yang visioner dan memiliki jiwa kewirausahaan di bidang keanekaragaman hayati, ekowisata dan ekonomi kreatif, pembangunan Papua ke depan dapat tumbuh dan berkembang.
ICBE 2016 diisi oleh 60 stan yang ada di GOR Cendrawasih Jayapura. Selama kegiatan pada 7-10 September 2016, panitia memutarkan 20 film budaya Papua, dan berbagai perlombaan yang diikuti oleh siswa sekolah.
Hadir dalam pembukaan acara tersebut Duta Besar Norwegia untuk Indonesia Stig Traavik, juga ada perwakilan dari kedutaan Amerika Serikat, Uni Eropa, Inggris, Australia, Afrika Selatan, Belanda dan Papua Nugini.

About Roy Karoba

Life for Us
Powered by Blogger.