Berita

FL2MI Wilayah Papua dan Papua Barat Segera Gelar Raker

Ketua Panitia dan ketua MPM bersama panitia saat foto bersama. (Ardi Bayage - SP)
Jayapura — Training Legislator Nasional dan rapat kerja Forum Lembaga Legislator Mahasiswa Indonesia (FL2MI) Wilaya Papua dan Papua Barat dalam waktu dekat akan segera menggelar rapat kerja dan training di Jayura, Papua.
Paskalis Boma, Kordinator FL2MI mengatakan, persiapan panitia sudah siap seratus persen untuk menyelengarakan kegiatan nasional di Jayapura yang akan dilaksanakan minggu besaok. Kata dia, pada momen tersebut secara khusus akan membahas tentang kondisi Papua.
“Untuk kesiapan pelaksanaan kegiatan sudah kami siap. Dan saat ini delegasi dari setiap kampus di Papua dan Papua Barat sudah mulai datang ke Jayapura. Dalam pelaksanaan kegiatan sendiri, akan dihadiri oleh banyak pemateri yang berkompeten di bidang legislatif,” kata Paskalis, di Hotel Grand Abe, pada hari sabtu (3/9/2016).
Boma juga mengatakan, delegasi dari luar Papua, sudah ada satu delegasi yang sudah berada di Kota Jayapura. Delegasi yang lainnya, akan menyusul sampai dengan pada saat pelaksanaan kegiatan itu sendiri.
“Untuk kami yang dari Papua, kami akan mendorong agenda pemprov Papua soal pelarangan Miras di tanah Papua. Kami mahasiswa Uncen sudah mengkaji lebih jauh tentang dampak Miras bagi orang Papua. Sehingga agenda pelarangan Miras akan tetap kami dorong,” ujarnya.
Ia menambahkan, mahasiswa Papua melihat Miras telah dan sedang membunuh generasai Papua. Maka, pihaknya akan membuat rekomendasi untuk mendukung kebijakan gubernur Papua tersebut.
Daniel Matuan, delegasi dari Papua Barat kepada media ini mengatakan, delegasi dari Papua Barat mendukung penuh kegiatan yang akan dilaksanakan tersebut. Selain itu, soal Miras, ia menginginkan agar tidak hanya memabatasi dan melarang, tetapi menutup seluruh akses Miras yang masuk ke Papua.
“Kami ingin Miras ditutup secara total jalur pendistribusian ke Papua dan edaran di Papua ini harus dimusnahkan. Miras ini pembunuh manusia Papua, baik di Papua maupun di Papua Barat. Pemprov Papua Barat punya kebijakan untuk menutup dan melarang pengedaran Miras di Papua Barat. Jadi agenda ini kami dukung sepenuhnya,” kata Daniel Matuan Ketua MPM Unipa, Manokwari, Papua Barat.
Selain itu, Sopater Sama, sekretaris MPM Uncen mengatakan, MPM Uncen medungkung kegiatan ini dan MPM Uncen akan kawal sampai selesai dan kegiatan standar Nasional tersebut selesai.
“Bukan sekarang saja. Dari tahun ke tahun memang kami  lakukan. Sekarang legislator nasional kalo tahun tahun kemarin Legislasi mahasiswa,” jelasnya.
“Jadi sekrang kami sudah punya Korwil sendiri untuk melakukan kegiatan nasional. Kami pun sudah mendapatkan kepercayaan saat Munas di Bali untuk lakukan kegiatan nasional tahun ini di Papua. Jadi kami gelar dan ini juga bagian dari seluruh kampus di Indonesia memiliki lembaga legislator,” kata Sopater. (Ardi Bayage)

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.