Berita

Ketua DPRP: Sudah Terlalu Banyak OAP Dibunuh Di Atas Tanahnya

Ketua DPR Papua, Yunus Wonda – Jubi/Arjuna
Jayapura – Ketua DPR Papua, Yunus Wonda menyatakan prihatin dengan berbagai rangkaian kekerasan di Papua selama ini, terutama yang menimpa Orang Asli Papua (OAP). Kejadian terbaru, penembakan remaja di Sugapa, Intan Jaya yang diduga dilakukan oknum Brimob.

Ia mengatakan, sudah terlalu banyak OAP yang dibunuh di atas tanahnya. Sudah terlalu banyak darah tang tumpah di tanah Papua. Sudah terlalu banyak janda, duda dan yatim piatu.

“Cukup sudah. Orang Papua sudah terlalu banyak menderita di atas tanahnya sendiri. Jangan lagi membunuh orang Papua. Membunuh atau menembak orang asli Papua itu bukan solusi. Kalau mereka berbuat kesalah atau dianggap membahayakan aparat keamanan, tidak harus ditembak yang bisa mengakibatkan meninggal dunia. Kenapa tidak dilumpuhkan,” kata Yunus Wonda, Selasa (30/8/2016).
Yunus Wonda menyatakan kecewa dengan sikap aparat keamanan di Sugapa. Ia menilai sikap aparat keamanan dalam kasus penembakan Sugapa, seakan menunjukkan arogan dan emosional mereka.

“Pelaku penembakan harus dihukum seberat-beratnya. Jangan dibiarkan begitu saja. Kapolda Papua harus menghentikan cara-cara seperti ini,” ucapnya.

Politisi Demokrat itu ingin anggota Brimob yang bertugas di wilayah pegunungan Papua ditarik. Ia lebih menyetujui jika aparat polisi dan anggota Koramil yang ditugaskan di wilayah pegunungan Papua.

“Kami minta seluruh Brimob yang bertugas di seluruh pegunungan Papua ditarik. Mereka tak pantas bertugas di wilayah Pegunungan Papua. Mereka arogan dan berlebihan. Biarlah polisi dan Koramil yang di sana,” katanya.

Katanya, kalau kondisinya genting, barulah Brimob bisa ditugaskan di wilayah pegunungan Papua. Namun dalam kondisi normal, cukup aparat kepolisian yang ditugaskan.

“Kalau memang sudah gelisah mau menembak orang sebaiknya ke Jalur Gaza. Ikut perang di sana. Bukan untuk membunuh orang Papua di atas tanah ini. Penembakan bukan solusi mengatasi masalah,” imbuhnya. (*)

Sumber :www.tabloidjubi.com

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.