Berita

Masalah Papua Jadi Agenda Komite Duta Besar ACP di Uni Eropa

Duta Besar Vanuatu untuk Uni Eropa, Roy Mickey Joy – IST
Jayapura, Jubi – Duta Besar Vanuatu untuk Uni Eropa mengkonfirmasi persiapan pertemuan Komite Duta Besar Afrika, Pasifik dan Karibia (ACP) yang akan dilaksanakan minggu depan.
“Pertemuan komite ini untuk mempersiapkan berkas Papua Barat yang akan diajukan kepada dewan menteri Parlemen Uni Eropa pada bulan Oktober nanti,” jelas Roy Mickey Joy kepada Jubi melalui surat elektronik, Selasa (14/6/2016).
Joy yang telah menjabat sebagai Duta Besar Vanuatu untuk Uni Eropa selama dua periode ini menambahkan saat ini beban untuk memperjuangkan Papua Barat di arena ACP ada di pundak wakil khusus Vanuatu untuk ACP, Marco Mahe.
“Mahe adalah orang muda dan enerjik. Dia akan menjadi tulang punggung kami di ACP. Menteri luar negeri Bruno Leingkone yakin, Mahe akan menjalankan mandat yang diberikan kepadanya, termasuk mandat untuk Papua Barat,” ungkap Joy.
Ia juga mengkonfirmasi bahwa dirinya telah berkomunikasi dengan Dewan Menteri Uni Eropa dan menjelaskan bahwa Komite Duta Besar ACP akan bertemu di Brussels pekan depan untuk membahas masalah Papua Barat.
“Kami di Brussels akan bekerja bersama dengan Mahe melalui Komite Duta Besar. Kami harus memastikan saat Menteri Luar Negeri Leingkone datang ke Brussels pada bulan Oktober, ada cukup konsultasi dan keterlibatan bersama Parlemen Uni Eropa dan anggota ACP untuk mendukung berkas Papua Barat tersebut,” kata Joy. (*)



About Roy Karoba

Powered by Blogger.