Berita

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Papua Gelar Pra Meeting Pesta Budaya Papua di Biak

Pra Meeting Pesta Budaya Papua di Biak. (Harun Rumbarar - SP)
Jayapura — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi  Papua gelar pra meeting dalam rangka mempersiapkan dri untuk Pesta Budaya Papua XIV, Festival Seni Kreasi Papua XVII dan Lomba Seni Anak dan Remaja XIII di Biak, Papua.
Yulianus Kuayo, kepada bidang Kebudayaan dinas Pendidikan dan Kebudayaan provinsi Papua mengatakan, pra meeting ini dilakukan dalam rangka menyatukan pendapat/pemikiran antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua dengan dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/Kota se Provinsi Papua atau pun dengan dinas-dinas terkait lainnya yang menangani kebudayaan di daerah sebagai peserta yang nantinya akan mengikuti kegiatan Pesta Budaya Papua XIV.
“Keberhasilan pelaksanaan kegiatan pesta budaya Papua, Festival seni kreasi Papua dan lomba seni anak dan remaja Papua tahun 2016 ditentukan melalui pelaksanaan Pra Meeting ini sehingga saya harapkan para  kepala dinas Pendidikan dan kebudayaan tingkat kabupaten/kota dapat berpartisipasi untuk melakukan kesiapan-kesiapan selanjutnya,” kata Kuayo saat membuka pra meeting itu di Biak, Kamis (9/6/2016).
Sementara itu, Septinus Rumasep, sekertaris Dewan Kesenian provinsi Papua, dalam pembahasan pra meeting mengatakan, kegiatan ini juga turut mendukung dan sosialisasi instruksi gubernur Papua No. 3/2014 tentang Gerakan Melestarikan Budaya Papua dan Pangan Lokal.
 “Kami berharap kepada para kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan tingkat kabupaten/kota, kepala bidang kebudayaan tingkat kebupaten/kota, dewan kesenian serta para seniman di seluruh Papua benar-benar menerapkan intruksi ini,” kata Rumasep.
 Karena, menurutnya, kalau intruksi ini benar-benar diterapkan dampaknya terhadap kebudayaan di Papua dan ekonomi di Papua akan sangat berpengaruh dan membawa dampak yang baik.
Peserta pra meering yang hadir di dalam pertemuan di Biak perwakilan dari 13 kabupaten yang ada di Papua. Antara lain, Kabupaten Keerom, Supiori, Mimika, Biak Numfor, Boven Digoel, Merauke, Kepulauan Yapen, Puncak Papua, Paniai, Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.
Kegiatan ini dibagi dalam dua kategori yaitu kegiatan pra meeting dan Rapat Koordinasi Kebudayaan se Provinsi Papua. Kegiatan pra meeting dilaksanakan pada tanggal 9 Juni 2016 sementara kegiatan Rapat Koordinasi dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2016 di hotel Mapia-Kabupaten Biak. (Harun Rumbarar)

About Roy Karoba

Life for Us
Powered by Blogger.