Berita

Gubernur Papua Dorong Pemerintah Kembangkan Potensi Lokal

Gubernur Papua Lukas Enembe. ANTARA FOTO/ Sigid Kurniawan.
Jayapura: Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan pemerintah terus berupaya mendorong masyarakat untuk  mengembangkan usaha diberbagai bidang, terutama potensi lokal seperti usaha skala rumah tangga agar mendapat nilai tambah  ekonomi bagi peningkatan kesejahteraan.
"Pemerintah provinsi dan pemerintah daerah di Papua terus mendorong dan memfasilitasi masyarakat untuk memanfaatkan sumber daya daerah atau potensi lokal yang ada agar dapat bernilai ekonomi," katanya sebagaimana dikutip dari Antara, Kamis (19/5/2016).  
Menurut dia, masyarakat didorong untuk mengembangkan usaha ekonomi skala kecil atau skala rumah tangga maupun dengan mulai  memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan skala produksi menjadi lebih besar.
"Kita sudah mengalokasikan dana otsus bidang ekonomi, lewat program Prospek maupun program Gerbangmas untuk mendukung dan  menggerakkkan usaha-usaha ditingkat masyarakat. Ini peluang yang harus benar-benar  dimanfaatkan oleh masyarakat," jelasnya.
Bidang ekonomi, kata dia, memang salah satu bagian yang menjadi prioritas dalam alokasi dana otsus disamping kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur. Pemerintah daerah telah mulai mengarahkan kelompok masyarakat untuk sedapat mungkin memanfaatkan potensi  ekonomi lokal dalam mengembangkan usahanya.
"Di Kabupaten Puncak Jaya misalnya, Karena buah merah tersedia banyak dan bahkan telah mulai dibudidayakan dalam skala besar,  maka salah satu program pemerintah daerah adalah memfasilitasi produksi buah minyak merah dengan menyediakan alat atau mesin evaporator. Dengan menggunakan evaporator produksi minyak merah saat ini sudah dapat mencapai  4.500 liter per tahun," ungkapnya. 

Sumber : www.metrotvnews.com

About WP News

Powered by Blogger.