Berita

Dinkes Papua Barat: Tanah Papua Endemis HIV/AIDS

Papua - Tanah Papua kini dikategorikan endemis HIV AIDS. Ini disampaikan Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan Dinkes Papua Barat, dr Nurmawati kepada Rakyatku.com, Jumat (20/5/2016).  
Dia menjelaskan, penetapan itu berdasarkan Survei Terpadu Biolgis Prilakau (STBP) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI yang dilakulan lima hingga tujuh tahun sekali.

Pada tahun 2006, survei yang diperoleh prevalensinya mencapai 2,4 persen arau 20.000 kasus. Dan di tahun 2013, prevalensinya 2,3 persen atau 5.537 kasus HIV AIDS. Artinya, di antara empat orang, terdapat tiga orang yang mengidap HIV AIDS. 

"Nah, ini yang menjadikan Tanah Papua kategori endemis HIV AIDS. Karena target nasional yang prevalensi hanya 0,5 persen," kata dia.

Nurmawati menjelaskan, angka prevalensi itu berada pada kelompok umur 15 sampai 24 tahun. "Artinya ini berada pada usia pelajar dan mahasiswa," kata dia.

Untuk menyikapi hal tersebut, pemerintah setempat memperluas akses pelayanan HIV/AIDS di setiap kabupaten/kota. Harapannya masyarakat tidak sulit lagi mengakses pelayanan kesehatan guna mendeteksi dini penyebaran HIV AIDS.

"Targetnya di tahun 2019 semua masyarakat Papua paling tidak pernah melakukan pemeriksaan laboratorium pendeteksian virus HIV/AIDS. Ini dilakukan untuk memutus mata rantai penularan," tambah Nurmawati.

Sumber : www.rakyatku.com

About WP News

Powered by Blogger.