Berita

Tim Rekomendasikan Tiga Kasus Pelanggaran HAM di Papua

Anggota Koalisi Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) melakukan aksi kamisan
 ke-423 dalam rangka memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM)
 Sedunia di depan Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (10/12).
Jakarta -- Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengakui Tim Peduli Pelanggaran HAM Papua merekomendasikan tiga kasus dugaan pelanggaran HAM yang terjadi di Provinsi Papua dan Papua Barat. Ketiga kasus dugaan pelanggaran HAM yang direkomendasikan itu yaitu kasus Wasior tahun 2001, kasus Wamena berdarah tahun 2003, dan kasus Paniai tahun 2014.
"Walaupun sudah merekomendasi ketiga kasus, namun tim hingga kini masih melengkapi data karena tidak tertutup kemungkinan kasus tersebut akan ditindak lanjutin hingga ke pengadilan," kata Kapolda Papua Irjen Pol Waterpauw kepada Senin (25/4).
Jenderal bintang dua kelahiran Fakfak itu mengakui, tim yang dipimpin Kepala Perwakilan Komnas HAM Papua masih berada di Jakarta dan sedang melengkapi data data penunjang. Tiga kasus yang direkomendasikan karena dianggap data awal sudah cukup lengkap bahkan komnas ham sudah membentuk tim ad hoc sehingga menjadi prioritas untuk ditindak lanjutin.

Sementara itu ketua tim peduli pelanggaran HAM Papua, Frits Ramanday secara terpisah mengakui dari data yang dikumpulkan tercatat 21 kasus dugaan pelanggaran ham yang terbagi atas 15 kasus situasi politik (sipol) dan enam kasus terkait ekonomi sosial budaya.


Sumber : www.republika.co.id

About Roy Karoba

Life for Us
Powered by Blogger.