Berita

RUU Sepuluh DOB Papua Barat Sedang Digodok

Ilustrasi Pemekaran –
Manokwari, Jubi – Pemerintah bersama Komisi II DPR RI tengah menggodok rancangan undang-undang sepuluh calon daerah otonomi baru di wilayah Provinsi Papua Barat.
Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Papua Barat Irene Manibuy saat ditemui usai menghadiri kegiatan Partai Amanat Nasional di salah satu hotel Manokwari, Senin (22/2/2016).
Irene menyebutkan secara keseluruhan di Indonesia terdapat sebanyak 87 calon daerah otonomi baru (DOB) baik provinsi, kabupaten maupun kota. Sepuluh di antaranya berada di wilayah Papua Barat.
Sepuluh calon DOB itu masing-masing, Kota Madya Manokwari, Kabupaten Manokwari Barat, Imeko, Kokas, Raja Ampat Utara, Raja Ampat Selatan, Maybrat Souw, Malamoy, Moskona Utara dan calon Provinsi Papua Barat Daya.
“Sepuluh daerah baru ini pada dasarnya sudah siap dimekarkan, karena seluruhnya sudah dalam tahap penyusunan rancangan undang-undang,” katanya.
Menurut dia, pemekaran itu akan dilakukan dalam dua tahap. Amanat presiden atas Ampres pertama akan dikeluarkan untuk 65 daerah, dan 22 lainya pada ampres kedua.
Irene belum mengetahui daerah yang akan menjadi prioritas pemerintah pusat bersama DPR dalam pemerkaran ini. Dia berharap, pemekaran itu dapat terlaksana pada 2016.
“Tadi saya menitipkan kepada Ketua MPR (Majelis Permusyawaratan Rakyat), bapak Zulkifli Hasan untuk turut memperjuangkan, agar 10 wilayah di Papua Barat menjadi prioritas pada sidang paripurna DPR nanti,” kata dia.
Dia mengharap sinergitas antara pemerintah pusat maupun daerah dan DPR RI, agar pemekaran daerah terutama di wilayah Papua Barat ini segera terlaksana.
Irene menilai, pemekaran wilayah ini merupakan aspirasi masyarakat yang harus diperjuangkan, oleh para wakil rakyat di DPR RI.
“Untuk itu bagaimana kita harus bisa melihat DPR membangun sinergitas dengan pemerintah, terutama untuk memperjuangkan pemekaran di Papua Barat,” ujarnya. (*)


About Roy Karoba

Life for Us
Powered by Blogger.