Berita

Universitas Negeri Kamasan Untuk Wujudkan Biak Sebagai Kota Pendidikan

Gapura Selamat Datang di Biak. (Credit: google)
Papua – Ketua Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Biak Numfor, Izaak Kapisa berharap pemkab setempat segera mempercepat urusan administrasi yang berkaitan dengan ijin pembangunan Universitas Negeri Kamasan di Biak.
Hal ini guna mewujudkan Biak sebagai kota pendidikan di kawasan Teluk Cenderawasih yang dimulai dari Kabupaten Yapen Kepulauan, Waropen, hingga ke Supiori.
“Pendirian Universitas Negeri Kamasan di Biak sangat strategis dalam mencetak tenaga sumber daya manusia di tanah Papua,” katanya.
Izaak menyampaikan saat ini Pemkab Biak Numfor bersama Dinas Pendidikan setempat sangat serius dalam mengupayakan keluarnya ijin operasional Universitas Negeri Kamasan dari Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi.
Ia juga meminta agar pemerintah provinsi Papua dapat membantu menyelesaikan masalah perijinan karena saat ini lokasi lahan untuk pembangunan perguruan tinggi negeri pertama di Biak itu sudah tersedia.
Saat ini lulusan SMA/SMKA yang berasal dari Kabupaten Biak Numfor dan sekitarnya lebih banyak menuju ke Jayapura untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Cenderawasih ataupun ke luar pulau Papua.
Untuk itu pembangunan Universitas Negeri Kamasan diharapkan segera direalisasikan agar memudahkan akses pendidikan lanjutan ke perguruan tinggi. “Biak bisa menjadi pilihan tempat pendidikan bagi lulusan SMA/SMK di kawasan Teluk Cenderawasih,” tutup Izaak yang dilansir Okezone.

About WP News

Powered by Blogger.