Alam

Kabut Asap Selimuti Sebagian Papua, Jayapura Aman

Kondisi kabut asap di berbagai wilayah mulai mengkhawatirkan, bahkan di beberapa wilayah, terdapat hingga ratusan titik api.
Kondisi kabut asap di berbagai wilayah mulai mengkhawatirkan, bahkan di beberapa wilayah, terdapat hingga ratusan titik api.
 
Jakarta - Kabut asap mulai menyelimuti sejumlah wilayah di Papua. Asap masih berasal dari titik paling barat di Indonesia, Merauke.

Pada akun Twitter-nya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengunggah foto citra Pulau Papua. Pada foto itu, kabut asap menyelimuti Sorong, Merauke dan Timika.

Sementara, Jayapura masih aman dari kabut asap. "Jayapura masih aman, jarak pandang normal. Daerah yang terdampak adalah Sorong, Merauke dan sekitar," ujar Kepala BPBD Kota Jayapura, Bernard Lamia, ketika dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Senin (19/10/2015).

Sutopo menginformasikan asap juga menghiasi sebagian Maluku. "Asap dari Merauke Papua mulai mengepung sebagian Maluku dan Papua Barat," tulis dia.
Sebelumnya, Minggu 18 Oktober 2015, Bandara Timika dan Manokwari tidak beroperasi akibat kabut asap. Kabut akibat kebakaran hutan ini membuat jarak pandang tidak memungkinkan untuk pendaratan pesawat.
Bandara Rendani, Manokwari, hingga sekarang belum bisa beroperasi, seperti yang dilansir Antaranews.

Data yang diterima dari BMKG mengungkapkan saat ini tercatat 40 titik api yang tersebar di Papua. Kabut asap ini merupakan kiriman dari Kabupaten Mappi dan Kabupaten Merauke. Dua kabupaten ini merupakan penyumbang titik api di Papua. (Bob/Ado)

Sumber : www.liputan6.com

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.