Berita

Gubernur : Pendidikan di Kampung Perlu Ditata Baik

Gubernur Papua, Lukas Enembe. (Jubi/Alex)
Jayapura, Jubi – Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan pendidikan di kampung-kampung perlu ditata dan dicarikan model yang baik. Antara lain dengan membangun sistem guna mengurangi kesenjangan maupun ketidakseimbangan di dunia pendidikan agar lulusan di kota dengan di kampung memiliki kualitas yang sama.


“Pendidikan di kampung-kampung perlu ditata seara baik. Hal ini penting dilakukan agar lulusan di kota dengan di kampung memiliki kualitas yang sama, sehingga mereka semua dapat berkompetisi dengan kompetensi yang sama dalam merebut peluang kerja,” kata Gubernur Lukas Enembe, di Jayapura, Rabu (9/9/2015).
Untuk mewujudkan itu, Enembe menilai, keterbatasan yang ada jangan menjadi penghambat atau penghalang, tetapi harus dapat memacu semangat untuk bangkit menuju kemandirian guna meraih kesejahteraan bersama.
“Untuk itu, saya mengajak semua pihak terkait untuk bersama melakukan perubahan agar Papua hari ini hingga kedepan, dapat lebih maju dan tak sama dengan hari kemarin,” ucapnya.
Dilain pihak, ujar Enembe, bila selama ini program-program yang ada pada Dinas Pendidikan masih kurang, maka segera evaluasi agar sesuai dengan kebutuhan dilapangan. Sehingga secara perlahan-lahan dapat menyelesaikan persoalan yang terjadi di dunia pendidikan.
“Pendidikan dan kesehatan adalah dua bagian penting di provinsi ini, mengingat demografi dan topografi Papua yang luas dan terpencar serta terpencil,” katanya.
Ditambahkannya, pendidikan merupakan jendela untuk menggapai masa depan yang lebih baik. Hal ini telah dibuktikan dalam catatan sejarah perjalanan bangsa Papua. Dimana, dahulu kegelapan melingkupi seluruh dataran tanah ini, namun terang injil yang datang bersama pendidikan secara perlahan namun pasti telah menyingkirkan tabir kegelapan itu sehingga orang Papua dapat mengenal peradaban baru.
“Namun yang menjadi sorotan sekarang ini adalah Papua hari ini masih menyisahkan masalah dibidang pendidikan, karena masih banyak saudara-saudara kita dan banyak anak-anak kita yang hidup dibalik gunung, di lembah dan lereng bukit yang belum menikmati pendidikan dengan baik,” ucapnya. (Alexander Loen)
Sumber : www.tabloidjubi.com

About WP News

Powered by Blogger.