Berita

Lanal Sorong Resmi Jadi Lantamal XIV Sorong

Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Adi Supandi (kedua kanan) melakukan salam komandousai peresmian peningkatan Lanal Pontianak Kelas B menjadi Lantamal XII Pontianak di Pontianak, Kalbar, Jumat (7/8).
Sorong, Jubi – Pangkalan TNI AL (Lanal) Sorong, Papua Barat bakal dijadikan pangkalan utama TNI AL (Lantamal) XIV Sorong.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P akan memimpin langsung upacara peresmian peningkatan Lanal Kelas B Sorong yang saat ini dijabat oleh Kolonel Laut (P) Kunto Tjahjono, Jumat (21/8/2015) di Lanal Sorong.
Lantamal XIV Sorong akan dijabat oleh perwira tinggi berpangkat bintang satu yakni Kolonel Laut (P) Samsudin Safari Panjaitan. Peningkatan Lantamal XIV sesuai Perpang TNI nomor 12 tahun 2015 tanggal 9 Juni 2015 tentang validasi organisasi dan tugas Lantamal XIV Sorong. Tugas pokok Lantamal XIV sebagai represantasi TNI AL di daerah.
Kedudukan Lantamal yang berada di daerah merupakan kepanjangan tangan dari Mabes TNI AL dan Komando Armanda Kawasan Timur dalam mendukung unsur-unsur operasional untuk menanggulangi tindak pelanggaran kedaulatan dan pelanggaran hukum di wilayah perairan NKRI.
Mengingat sampai saat ini tindak pelanggaran di laut masih cukup tinggi, seperti permasalahan di perbatasan dengan negara tetangga, kejahatan lintas negara semisal perampokan, human trafficking, illegal logging, illegal fishing dan kegiatan ilegal lainnya.
Peresmian akan melibatkan personel TNI/Polri, sekolah kemaritiman di Kota Sorong dan prosesi tersebut dilakukan sesuai adat Malamoi. Aspam Kasal, Aslog Kasal, Pangarmatim, Komandan Guspurlatim, Komandan Guskamlatim, para Komandan Lantamal Wilayah Timur, pejabat Muspida Propinsi Papua dan Papua Barat, tokoh agama dan tokoh masyarakat Sorong Raya bakal hadir dalam peresmian tersebut. (Niko MB )

About Roy Karoba

Powered by Blogger.