ESDM Provinsi Papua Promosikan Jurusan Geologi ke SMK YSO Ninabua Wamena

Foto bersama Dinas ESDM provinsi Papua, guru-guru serta siswa SMK YSO Ninabua Wamena. Foto: Ona
Jayapura, MAJALAH SELANGKAH -- Dinas Energi Sumber Daya Mineral  Provinsi Papua bidang Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) pada awal bulan ini mengadakan promosi Jurusan Geologi Tambang di Kabupaten Jayawijaya tepatnya di SMK YSO Ninabua Wamena. Dalam promosi dari dinas ESDM provinsi ini diketuai oleh Dahlia S.R Geddy.

Geddy menjelaskan kedatangan pihaknya ke SMK YSO Wamena adalah bagian dari promosi jurusan Geologi karena jurusan tersebut sangat langka di Papua, sementara keahlian pada jurusan itu sangat dibutuhkan.
"Tujuan kami memilih dan mendatangi SMK YSO Ninabua Wamena ini karena kami melihat bahwa SMK ini tidak memiliki jurusan geologi tambang, sedangkan pendidikan di bidang geologi tambang sangat penting," kata Dahlia mengawali.
Pemerintah Provinsi Papua Dinas ESDM, kata dia, menyediakan fasilitas bahkan hasil bumi Papua pada bidang tambang, sehingga dengan adanya sosialisasi dan promosi tersebut, pihaknya berharap pemerintah daerah memerhatikan hal-hal yang semestinya diperhatikan. 
"Kami harapkan pemerintah daerah bisa menerima guru-guru yang benar-benar mengerti dan memahami jurusan ini, bahkan jurusan lain. Sangat disayangkan jika guru-guru yang diterima tidak mengerti dan menguasai jurusan yang dimaksud agar setiap generasi asli Papua tidak asal-asalan dapat mengerti dan berdaya saing dengan dunia luar," jelas ibu yang menjabat sebagai staf seksi laboratorium di bidang UPTD ini.
Senada disampaikan salah satu Staf UPTD lainnya, Albert Numberi. Kata dia, untuk sementara, di seluruh Papua jurusan geologi tambang hanya diajarkan di tiga daerah, masing-masing, Jayapura, Timika dan Sorong.
"Jurusan ini hanya ada di Jayapura, Timika dan Sorong. Kami berharap SMK yang ada di kabupaten-kabupaten lain bisa membuka jurusan ini. Pemerintah Daerah terkait terlebih khusus dinas Pendidikan mesti fokus pada SMK yang sudah difasilitasi Pemerintah Provinsi," kata Numberi berharap.
Beberapa guru-guru yang menjadi pengajar di SMK YSO antusias mengikuti promosi ini. Bahkan salah satu pengajar berharap pemerintah daerah melihat potensi yang ada dan memerhatikan jurusan geologi tambang yang semestinya menjadi prioritas.
"Setelah promosi dan brosur yang kami dapat ini, kami berharap pemerintah daerah memerhatikan jurusan geologi tambang ini agar kandungan alam di Papua diolah oleh anak-anak asli Papua sendiri," ujarnya. (Ona/003/MS)
  
Share:

Search This Blog

Support

Facebook