search tickets in here

Perubahan Cuaca dan West Papua Bakal Menjadi Isu Utama Pertemuan Sub Komite Regional Pasific

Jakarta, Jubi/RNZ – Salah satu representatif Sub-Komite Regional Pasific mengatakan masalah West Papua akan menjadi isu utama dalam pertemuan kelompok yang baru dibentuk ini. Pertemuan Sub Regional ini akan berlangsung pekan depan.
Pernyataan itu disampaikan Lopeti Senituli. Senituli adalah satu dari delapan representatif yang ditunjuk para pemimpin Pasific Island Forum untuk melihat dan mengidentifikasi masalah regional untuk mereka pertimbangkan. Ia mengatakan ada dua isu utama yang menjadi pembicaraan kelompok Sub Regional.
“Dampak perubahan iklim melalui topan cyclone tropis yang sangat ganas. Saya anggap bahwa itu akan menjadi isu utama untuk regional Pasific. Isu West Papua juga salah satu isu penting yang akan dipertimbangkan para pemimpin,” katanya sebagaimana yang dirilis, Radio New Zealand, Rabu (9/4/2015).
Anggota penuh pada Specialist Sub-Committee Regionalism adalah Melanesia yang diwakili Leonard Louma (Papua New Guinea), Micronesia diwakili Gustav Aitaro (Palau), Polynesia diwakili Lopeti Senituli (Tonga), Australia/New Zealand diwakili John Davidson (Australia), Smaller Island States diwakili Teresa Manarangi-Trott (Cook Islands), Civil Society diwakili William Kostka (Federated States of Mironesia), Private Sector diwakili Peter Kiely (New Zealand), Chair – Dame Meg Taylor (Pacific Islands Forum Secretariat). (Mawel Benny)

Post a Comment