DPRP Dukung Penerapan Perdasus Tanpa Konsultasi ke Kemendagri

5:56:00 PM
Ketua DPR Papua, Yunus Wonda - Jubi/Arjuna
Jayapura, Jubi – Sikap Gubernur Papua, Lukas Enembe yang menyatakan akan memberlakukan Peraturan Daerah Khusus (Perdasus) dan Peraturan Daerah Provinsi (Perdasi) yang sudah disahkan tanpa perlu konsultasi ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) didukung pihak DPR Papua.

Ketua DPR Papua, Yunus Wonda mengatakan, Perdasi/Perdasus yang sudah disahkan pihaknya bersama eksekutif tak perlu dikonsultasi ke Kementerian Dalam Negeri. Katanya, aturan itu akan langsung diimplementasikan.

“Konsultasi yang dilakukan selama ini tidak langsung kepada Menteri Dalam Negeri, namun ke pihak yang bukan pengambil keputusan. Kini pemerintah Papua berkomitmen menerapkan Perdasi/Perdasus yang sudah disahkan tanpa dikonsultasikan, selagi tidak bertentangan dengan Pancasilan dan Undang – Undang Dasar 45. Kami DPRP mendukung itu,” kata Yunus Wonda, akhir pekan lalu.

Menurutnya, hingga kini banyak Perdasi/Perdasus yang diusulkan DPR Papua dan Pemprov Papua kepada pemerintah pusat dikembalikan atau tak diregistrasi. Kecuali Perdasus Miras, dengan alasan kedepan Papua menjadi daerah pariwisata.

“Kami sudah sampaikan mau jutaan turis masuk di Papua tidak terlalu penting bagi kami dan yang terpenting adalah menyelamatkan anak Papua. Setelah itu kami tidak ada lagi konsultasi konsultasi,” ucapnya. (Arjuna Pademme)

Share this

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !

Related Posts

Previous
Next Post »