Papua Masih Dalam Proses Pembebasan ‘AL’

2:06:00 PM
Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe - Jubi/Alex
Jayapura, Jubi – Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe mengatakan Papua masih dalam proses pembebasan penyakit Avian influensa (AL). Dimana proses ini telah berjalan selama lima tahun dan rencana kedepan akan ditingkatkan lagi sampai dinyatakan bebas dari penyakit tersebut.
Meskipun demikian, Papua secara historis merupakan provinsi yang bebas dari rabies. Hal itu terbukti sampai saat ini, belum pernah ada kasus penyakit rabies yang menyerang anjing atau kucing di wilayah paling timur Indonesia ini.
“Karantina dan instansi terkait harus memberikan informasi yang luas kepada masyarakat tentang bahaya rabies jika sampai masuk dalam wilayah Papua, sehingga nantinya dapat saling bahu-membahu membantu dalam mempertahankan Papua agar tetap bebas dari rabies,” kata Lukas Enembe kepada wartawan, di Jayapura, Papua, Jumat (13/3/2015).
Sementara menyangkut lalu lintas unggas, pemerintah Papua juga mengatur dalam keputusan Gubernur provinsi Papua tentang pemasukan unggas dan produknya ke provinsi Papua nomor 158 tahun 2004.
“Dalam hal lalu lintas hewan penular rabies pemerintah daerah Papua menggulirkan Peraturan Daerah Provinsi Papua nomor 4 tahun 2006 tentang larangan pemasukan hewan penular rabies ke wilayah provinsi Papua,” ucapnya.
Meskipun demikian, Enembe mengaku, adanya peningkatan frekuensi maupun kualitas perdagangan hewan/produk hewan dan tumbuhan terus terjadi belakangan ini.
“Keadaan ini berdampak pada tingginya resiko masuk terbawa dan tersebarnya penyakit hewan dan oragnisme penggangu tumbuhan,” kata Enembe.
Menanggapi itu, Enembe meminta agar hal tersebut menjadi perhatian pemerintah kabupaten/kota dan instansi teknis serta karantina pertanian. “Untuk itu, saya pikir perlu ada perbaikan-perbaikan dari segi peningkatan mutu SDM, peningkatan sarana/prasarana serta metodologi dalam mengawal keamanan dan melindungi keragaman hayati hewani di Papua,” katanya. (Alexander Loen)

Share this

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !

Related Posts

Previous
Next Post »

search tickets in here