Berita

Kadin Papua Tawarkan Kerja Sama dengan Papua Nugini

Mama-Mama PAPUA Saat Berjualan Noken
Jayapura - Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Provinsi Papua menawarkan sejumlah kerja sama kepada Negara Papua Nugini dalam ajang bergengsi tahunan 2nd MSG Investment Roadshow and Trade Fair yang diikuti oleh Negara-negara yang tergabung dalam Melanesian Spreadhead Group (MSG) di Port Moresby Papua Nugini pada akhir November lalu.

Dalam perbincangannya antara Ketua KADIN Papua, Adolf Asmuruf dengan Menteri Perdagangan dan Industri Papua Nugini, Hon Richard Maru disebutkan, ada beberapa potensi kerja sama strategis yang penting untuk segera dilaksanakan antara lain perdagangan produk Indonesia ke Papua Nugini, peningkatan jalur transportasi laut dan udara, dengan membuka direct link untuk shipping lines dan airlines yang langsung dapat terhubung antara Papua dan Papua Nugini.

Selain itu, dibicarakan juga pengadaan tenaga kerja Indonesia asal Papua untuk bekerja di berbagai industri perkebunan dan pertambangan di Papua Nugini dengan meminta agar setiap perusahaan Indonesia yang masuk ke Papua Nugini, diharuskan memberikan quota bagi Papua untuk menyiapkan tenaga kerjanya.

“Untuk mendukung kerja sama ini, kami akan berkoordinasi dengan sejumlah pengusaha dari Pulau Jawa dan lainnya untuk mendukung. Dalam waktu dekat, kami juga akan mengundang Menteri Perdagangan dan Industri Papua Nugini untuk membawa dunia usaha dan manufakturnya ikut dalam Trade Fair yang akan kami buat di Jayapura 2015 mendatang,” jelasnya, Selasa (2/12/2014).

Pemerintah Papua Nugini berharap perwakilan Papua dapat menyampaikan kepada berbagai pihak untuk mempertimbangkan pemberian Visa On Arrival bagi warga Papua Nugini dalam mendorong arus perjalanan dan perdagangan bersama.

Kerja sama bidang lainnya adalah segera terbukanya, penerbangan Air Nugini yang rencananya akan melalui jalur utara dengan rute Port Moresby-Mount Hagen-Jayapura- Makassar-Jakarta atau melalui jalir selatan dengan rute Port Moresby-Denpasar-Jayapura.

Untuk mendukung kerja sama ini, rencananya delegasi Papua Nugini akan melakukan kunjungan ke Papua pada Februari 2015.

Untuk diketahui, Forum 2nd MSG lnvestment Roadshow & Trade Fair adalah ajang tahunan bergengsi forum perdagangan dan investasi bagi negera-negara serumpun Melanesia mulai dari New Caledonia, Vanuatu, Fiji, Solomon, dan Papua New Guinea. Untuk tahun ini, ditunjuk tuan rumah Papua Nugini. (Katharina Janur/Gdn)
Sumber : www.liputan6.com

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.