Berita

Banyak Kasus Penembakan Warga Sipil Tidak Berhasil Diungkap Aparat Keamanan

Salah Satu Rohaniwan Katolik di Merauke, Romo Pius Manu, Pr. (Jubi/Frans L Kobun)
Merauke, Jubi – Rohaniwan Katolik di Wilayah Selatan Papua, sangat menyesalkan penembakan lima warga sipil di Paniai beberapa waktu lalu yang diduga kuat dilakukan oleh aparat TNI/Polri.
“Saya harus jujur mengatakan bahwa hampir setiap tahun adanya kasus penembakan terhadap masyarakat sipil. Namun, proses pengungkapan secara transparan tidak dilakukan. Bahkan,  sampai ke ranah hukum hingga menjatuhkan vonis kepada yang bersalah, hampir tidak ada,” kritik Pastor Pius Manu, Pr ketika ditemui Jubi di Gor Hiad Sai-Merauke Selasa (16/12).
Pastor Pius tidak ingin menuding pelaku penembakan adalah oknum aparat keamanan, tetapi aparat kepolisian harus berperan dalam melakukan pengungkapan secara jelas dan diketahui semua orang. Karena masyarakat Papua, khususnya warga di Paniai sedang menunggu tindaklanjutnya.
Pastor Pius memembandingkan, banyak kasus penembakan di pulau Jawa yang dilakukan teroris, aparat kepolisian dalam waktu singkat mampu mengungkap dan menangkap pelaku. Tetapi penembakan warga sipil di Papua, proses pengusutan sepertinya berjalan ditempat dan tidak tuntas.
“Saya sangat mendukung jika Komnas HAM ikut turun tangan dan mencari tahu siapa pelaku penembakan,” tegasnya.
Tetapi Ia meminta aparat keamanan, khususnya kepolisian harus bekerja ekstra untuk dapat melakukan penyelidikan dan penyidikan guna mengungkap siapa pelaku penembakan.
“Sekali lagi, saya tidak ingin memvonis dan atau menyudutkan bahwa pelaku penembakan adalah oknum aparat keamanan. Tetapi kembali kepada peran dari kepolisian dalam melakukan pengusutan lebih lanjut,” pintanya.
Ketua KNPB Wilayah Merauke, Gente Emerikus Dop sebelumnya memberikan pernyataan tegas dengan mengutuk  keras penembakan yang dilakukan terhadap masyarakat sipil di Pania. “Kami ikut berduka atas penembakan terhadap lima warga sipil di Paniai yang dilakukan oknum aparat keamanan,” katanya. (Frans L Kobun)

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.