Aksi

Polda Papua Cari Aktor Utama Pendemo Menteri Yambise

Kapolda Papua, Inspektur Jenderal (Pol) Yotje Mende – Jubi/Arjuna
Jayapura, Jubi – Aksi demo damai yang digelar sejumlah perempuan di Bandara Udara Sentani, Kabupaten Jayapura ketika kedatangan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yambise, Kamis (27/11), membuat kepolisian setempat bereaksi. Polisi akan mencari actor utama demo itu.
Kapolda Papua Inspektur Jenderal (Pol) Yotje Mende mengatakan, pihaknya akan menelusuri siapa aktor utama di balik demo itu. Katanya, aksi itu tak memiliki ijin dari pihak kepolisian.
“Saya perintahkan mencari dan menyelidiki, siapa yang menyuruh melakukan demo. Pasti ada yang menyuruh mereka demo. Kami akan proses orang menyuruh demo,” kata Kapolda Yotje, Kamis (27/11)
Menurutnya, sesuai undang-undang nomor 8 tahun 2008, jika ingin menyampaikan pendapat di muka umum, harus terlebih dahulu mengirim surat pemberitahuan ke kepolisian.
“Unjuk rasa itu kan menyampaikan pendapat di tempat umum, jadi harus ada rekomendasi dari kepolisian agar polisi melakukan pengamanan. Namun hingga kini mereka tidak ada pemberitahuan,” ucapnya.
Selain itu kata Kapolda Yotje, pendemo memasuki area steril bandara. Harusnya, lanjut dia, jika ingin demo, mereka melakukan di luar bandara. Minimal jaraknya 150 meter dari area steril. Akibat tak memiliki ijin dan berdemo di area steril, polisi menangkap beberapa massa aksi.
“Ada beberapa orang yang ditangkap dan kini berada di Polres Jayapura. Saya sudah instruksikan jajaran saya untuk melakukan pemeriksaan, meski mereka wanita. Mereka akan diperiksa sebelum satu kali 24 jam, kemudian dibebaskan, karena mereka tidak melanggar pidana. Kami ingin tahu siapa yang menyuruh demo,” katanya.
Kapolda Yotje juga merasa heran dengan aksi demo menolak kedatang Menteri Yohana Yambise ke Papua. Apalagi katanya, di spanduk yang dibawa pendemo, tertulis Yambise bukan orang Papua.
“Kedatangan ibu menteri kan untuk membangun Papua. Beliau juga orang Papua. Tapi di spanduk tulisannya bukan orang Papua. Orang Papua itu kategori mereka bagaimana,” ucapnya. (Arjuna Pademme)

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.