Berita

Selandia Baru Minta Jokowi Pastikan Kemanan Areki Wanimbo

Maire Leadbeater, pemimpin West Papua Action Network (kedua dari kanan). (Dok. AUT)
Jayapura, Jubi – West Papua Action Network di Auckland, Dewan Media dan Media Freedom Network di Selandia Baru mendesak Menteri Luar Negeri Selandia Baru untuk mendukung dua wartawan Prancis yang saat ini sedang disidang di Pengadilan Negeri Jayapura, Papua.
“Kami minta Menteri memastikan jaminan bahwa masyarakat lokal yang ditemui oleh dua wartawan Perancis ini aman dan dilindungi.” kata Maire Leadbeater, pemimpin West Papua Action Network kepada Jubi, Rabu (22/10).
Lanjut Leadbeater, saat inilah publik Selandia Baru diharapkan mengingatkan Presiden Jokowi yang baru dilantik atas janji-janji yang dibuatnya selama kampanye. Saat itu, menurut Leadbeater, Jokwi menjanjikan kebebasan pers yang lebih besar di wilayah bermasalah, seperti Papua.
“Menteri Luar Negeri harus menyarankan Jokowi untuk melihat resolusi Parlemen bulan Juli lalu yang meminta Presiden baru untuk menegakkan hak ‘wartawan lokal dan internasional’ untuk melaporkan situasi politik di Papua Barat tanpa risiko penjara atau kekerasan.” kata Leadbeater.
Sementara itu, Paul Tolich dari Media Freedom Network mengatakan saat ini Selandia Baru menjadi anggota Dewan Keamanan PBB sehingga harus memanfaatkan suara mereka untuk menyampaikan kepedulian mereka tentang kasus hak asasi manusia.
“Bukan hanya dari dua wartawan yang berdedikasi tetapi juga hak-hak rakyat Papua Barat,” kata Paul Tolich.
Terlepas dari beberapa wartawan yang diawasi secara ketat saat masuk ke Papua, hingga saat ini wartawan internasional masih dilarang masuk ke Papua.
Saat ini, index kebebasan pers Reporters Without Borders 2014, Indonesia berada di posisi 132 dari 180 negara. Salah satu faktor penting yang menempatkan posisi Indonesia di posisi rendah ini adalah kurangnya transparansi dan pembatasan laporan jurnalistik di Papua. (Victor Mambor)

Sumber : www.tabloidjubi.com

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.