Berita

Mendagri Prioritaskan Pembentukan 2 Provinsi Baru di Papua

Foto- Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.(dok/rihadin)
JAKARTA (Pos Kota) – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam masa kepemimpinannya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan prioritaskan pembentukkan dua provinsi baru, atau DOB (Daerah Otonomi Baru) di Papua.
Itu disampaikan Tjahjo usai serah terimaa jabatan dari mantan Mendagri Gamawan Fauzi kepada Tjahjo Kumolo, di halaman Kantor Kemendagri, Jakarta, Jumat (31/10).
“Ke depan, nanti, akan ada skala prioritas pemekaran daerah. Kami (Kemendagri) ingin memekarkan provinsi di Papua. Kami berkonsultasi dengan semua pihak untuk menambah minimal satu sampai dua provinsi di Papua,” kata Tjahjo Kumolo.
Tjahjo Kumolo beralasan karena Papua itu wilayah yang besar, sehingga menjadi prioritas bagi kementeriaannya untuk dibentuk DOB. “Apalagi ada intervensi asing di sana yang tidak hanya menyangkut pendayagunaan sumber daya alam tetapi juga mulai merambat ke sektor-sektor lain,” kata Tjahjo.
Selain itu, lanjut Tjahjo Kumolo, diharapkan prioritas pembentukan DOB di Papua tersebut diharapkan dapat memeratakan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut.
(johara/sir)

Sumber :  www.poskotanews.com

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.