Berita

367 Orang Meninggal Dunia Selama 2005-2014 di Distrik Itlay Hisage Jayawijaya

Ilustrasi kondisi kesehatan di Papua. Foto: Ist
Jayapura, MAJALAH SELANGKAH -- Koalisi Mahasiswa Pemuda Peduli Kesehatan (KOMPPAK) dalam Jumpa Persnya di Sekretariat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Jayapura, Selasa (07/10/14) menyampaikan hasil temuannya saat meninjau kondisi kesehatan masyarakat di Kabupaten Jayawijaya, khususnya di Distrik Itlay Hisage pada 5 Juli 2014 lalu.

Koordinator KOMPPAK, Soleman Itlay mengatakan, 367 orang telah meninggal selama kurun waktu 2005-2014 di Distrik Itlay Hisage Kabupaten Jayawijaya. Kata dia, kematian cenderung meningkat.

"Kami meninjau ke distrik Itlay Hisage karena ada keluhan dari masyarakat di sana. Tepat tanggal 5 Juli 2014, kami pergi bersama dengan tim dari Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan Papua," kata dia.

Pihaknya belum menemukan penyebab kematian secara pasti. Namun, ia sarankan, pemerintah dapat melakukan penelitian untuk menemukan penyebab meningkatnya angka kematian di wilayah itu.

KOMPPAK juga menyarankan untuk obat-obatan di pedalaman selalu harus dicek masa kadaluarsa. Karena, kata dia, sejumlah obat di Postu ditemukan telah kadaluarsa.

Selain itu, disarankan status Pustu di distrik tersebut segera diganti menjadi Puskesmas agar pelayanan kesehatan dapat berjalan.

Diketahui, Distrik Itlay Hisage berada di perbatasan Kabupaten Yahukimo dan Jayawijaya, sehingga pelayanan pemerintah sering tidak tersentuh. Jarak dari kabupaten distrik sekitar 5 KM dan sulit jangkauannya.

Diketahui, kondisi kesehatan di Papua selama 13 tahun implementasi Undang-Undang Otonomi Khusus (Otsus) Papua di Tanah Papua belum banyak mengalami perubahan (baca: 13 Tahun Otsus, Kondisi Kesehatan Papua Memprihatinkan). (Hendrikus Yeimo/MS)

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.