Alam

Freeport Kembali akan Eksport Mineral

Area Tambang PT. Freeport Indonesia – Jubi/IST
Jayapura, Jubi – Kementerian Perdagangan memperkirakan pada semester II 2014 ini akan terjadi peningkatan ekspor Indonesia terutama untuk sektor mineral.
Faktor penentu peningkatan ekspor sektor mineral ini adalah akan dikeluarkannya Surat Persetujuan Ekspor (SPE) untuk PT Freeport Indonesia dari Kementrian Perdagangan.
Hal tersebut, diberitakan oleh Energi Today, seiring dengan dikeluarkannya izin ekspor untuk PT Freeport Indonesia, setelah sebelumnya dilarang untuk melakukan ekspor dampak dari kebijakan pemerintah yang melarang ekspor mineral mentah.
Selasa (21/10), Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi, di Jakarta, mengatakan ekspor mineral akan semakin meningkat, dan salah satu faktor pendukungnya adalah PT Freeport yang akan melakukan ekspor lebih besar. Sebab selama ini, PT Freeport untuk melakukan ekspor berhenti melakukan ekspor yang mempengaruhi ekspor Provinsi Papua secara signifikan dan juga berdampak pada ekspor secara nasional.
Pada saat ini Kementerian Perdagangan telah memberikan Surat Persetujuan Ekspor (SPE) untuk PT Freeport Indonesia setelah kedua belah pihak menyepakati renegosiasi Kontrak Karya (KK).
Kembalinya aktivitas eksport PT Freeport akan berdampak pada kinerja ekspor Indonesia untuk menjadi lebih baik dari semester I 2014. Selain PT. Freeport, PT Newmount Nusa Tenggara yang telah mencabut gugatan arbitrasenya, nantinya bisa mengikuti langkah Freeport untuk melakukan ekspor mineral. (Victor Mambor)

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.