Adat

Warga Menduga Meja Batu Di Pulau Srobu, Peninggalan Pra Sejarah

Meja Batu Di Puncak Gunung Srobu (Jubi/Aprila)
Jayapura, 8/9 (Jubi) – Rinna Imelda Tjoe, Kepala Kelurahan Abepantai menduga  meja batu yang ditemukan warga di Puncak Gunung Pulau Srobu berasal dari peninggalan pra sejarah.

“Dilihat dari letak meja batu dan beberapa baru di sekelilingnya, kemungkinan  ini peninggalan pra sejarah,” ungkap Rinna di Puncak Gunung Pulau Srobu kepada tabloidjubi.com, Senin (8/9).

Menurut Rinna, peninggalan ini sudah ditemukan warga sejak lama dan warga sendiri tidak berani memindahkan posisi meja batu. Warga kemudian menganggap batu yang berbentuk meja ini sebagai peninggalan sejarah yang tidak bisa diganggu karena mereka beranggapan, moyang mereka berasal dari pulau tersebut sebelum berpindah ke Pulau Papua besar.

“Jenis batu di puncak ini juga terlihat berbeda dengan batu lain yang biasa kita temukan di kota,” kata Rinna lagi.

Lanjut Rinna, pada bagian bawah gunung, masyarakat menemukan situs yang diprediksi peninggalan Jepang dan pada bagian puncak gunung, terdapat batu meja yang mungkin saja peninggalan pra sejarah.

pihaknya sudah melaporkan penemuan itu kepada Pemerintah Kota setempat, tapi hingga sekarang belum mendapat respon.

Di tempat yang sama, Agusta (48), salah satu warga yang Kelurahan Abepantai yang biasa mencari kulit bia untuk dijadikan kapur pinang di Pulau Srobu mengaku,  ada yang berbeda dengan batu ini.

“Tidak seperti batu-batu lain, kami tidak berani mengambil secuilpun bagian dari batu ini,” ujarnya.

Masih di tempat yang sama, Welem Yarangga juga mengatakan hal yang sama. Pihaknya hanya bisa mereka-reka batu tersebut sebagai meja batu dari bentuknya walau sudah mengalami retak di beberapa bagian tetapi dirinya merasa ada yang berbeda dengan batu ini.

“Kami tidak berani mengangkat atau memindahkan batu ini karena mungkin saja ada benda yang ditinggalkan di dalamnya. Bisa saja ini kuburan atau tempat menyimpan barang tertentu,” kata Welem lagi. (Jubi/Aprila)

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.