Berita

Komisi A DPR Papua Duga Ada Skenario Dibalik Konflik Mimika

Anggota Brimob Ketika Berjaga
Disalah Satu Wilayah di Mimika. (Jubi/Istimewa)
Jayapura, 21/8 (Jubi) – Komisi A DPR Papua yang membidangi Hukum dan HAM, menduga ada skenario yang dimainkan pihak tertentu dalam konflik antar warga di Timika, Kabupaten Mimika, Papua. Konflik yang sudah pernah  berlangsung bertahun-tahun dan seolah menjadi agenda tahunan.

Ketua Komisi A DPR Papua, Ruben Magay mengatakan, sepanjang kinerja aparat keamanan terutama kepolisian tak menunjukkan hasil maksimal, dan hanya menyebut pelaku adalah Orang Tak Dikenal (OTK), tak akan bisa menyelesaikan konflik di masyarakat.

“Saya melihat ini mungkin ada skenario. Di Timika sekarang ini konflik antar pendatang dari suku tertentu dengan masyarakat setempat dari suku tertentu juga. Jadi aparat kemanan dan pimpinan daerah harus segera mencarikan solusi agar ini tak berlarut-larut dan meluas,” kata Ruben Magay, Kamis (21/8).

Menurutnya, ini jadi pertanyaan bagi aparat kemanan baik BIN, BAIS, intelijen, TNI dan Polri yang ada di Timika. Padahal jumlah mereka di wilayah itu cukup banyak.

“Mungkin jumlah mereka lebih dari penduduk yang ada di Timika. Lalu apa yang mereka kerjakan? Skenario mereka seperti apa dalam rangka pengamanan di masyarakat. Kasus Timika ini sudah bertahun-tahun terjadi. Hal seperti ini hampir setiap tahun,” ujarnya.

Sementara salah satu warga Mimika, Fransiscus ketika dihubungi via selulernya mengatakan, Kota Timika kini sudah mulai kondusif. Namun aparat keamanan masih berjaga-jaga di sejumlah titik. (Jubi/Arjuna)

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.