Berita

FKPMPK : Mahasiswa Papua Perlu Pahami Teori Penindasan Freire

Mahasiswa FKPMKP DIY Seusai Kegiatan (doc. FKPMKP)
Yogyakarta, Jubi – Mahasiswa Papua di Kota studi Yogyakarta dan kota lainnya mesti mengerti dengan baik konteks pemikiran filsuf Paulo Freire, pandangannya mengenai teori penindasan
Hal itu dikemukakan Fransiskus Kasipmabin, Ketua Forum Komunikasi Pelajar Mahasiswa Katolik Papua Daerah Istimewa Yogyakarta (FKPMKP DIY) ketika membawa materi berjudul “Membangun kesadaran manusia, mewujudkan keadilan dan kebenaran sejati” dalam acara pendampingan anggota baru mahasiswa katolik lima keuskupan Papua di Realino, Sanata Dharma, Yogyakarta, baru-baru ini.
Lebih lanjut Fransiskus menyampaikan kaum tertindas harus dibangkitkan dari suatu perasaan tidak tertindas karena kelompok penindas menggunakan segala alat untuk menindas kelompok lain untuk suatu kepentingan kelompoknya.
Kasipmabin mengutip pernyataan Filsuf Paulo Freire “Kaum tertindas selama ini tenggelam dalam mitos yang ditiupkan oleh kaum penindas. Oleh karena itu, pendidikan untuk mereka harus berintikan pembebasan kesadaran atau dialogika – memancing mereka untuk berdialog, membiarkan mereka mengucapkan sendiri perkataannya, mendorong mereka untuk memahami dan dengan demikian mereka mengubah dunia”
Yulia Mote pemateri selanjutnya memaparkan dinamika kehidupan organisasi baik di Papua maupun di Yogyakarta dan pandangan realita saat ini.
Dalam pemaparannya Mote mengemukakan betapa pentingnya memahami lingkungan sekitar kita berada untuk menunjak aktivitas perkuliahan.
Dengan demikian, katanya,  dapat menyelesaikan perkuliahan dengan hasil yang maksimal dan selanjutnya menerapkan ilmu itu dalam kehidupan di Papua dengan benar dan baik agar tercipta kebeneran sejati sebagaimana yang diharapkan.
Losias, salah satu peserta  mengaku senang mengikuti kegiatan ini,”Banyak manfaat yang saya terima setelah mengikuti kegiatan ini, banyak teman dan senior, mengerti realita hidup di Papua dan Indonesia umumnya, dan teori penindasan dari filosof Paulo yang sangat menantang” pungkasnya. (Mecky)

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.