Berita

175 Personil Brimob Polda Sumsel Berangkat ke Papua

Palembang -- Sebanyak 175 anggota Brimob Polda Sumsel resmi diberangkatkan ke Papua pada Senin (15/9/2014). Mereka akan membantu mengamankan PT Freeport yang ada di Papua.
Keberangkatan 175 anggota Brimob Polda Sumsel langsung dilepas oleh Kapolda Sumsel, Irjen Pol Saud Nasution, di Mapolda Sumsel. Mereka yang berangkat nantinya akan tergabung dalam Satuan Tugas Amole Timika (Satgas Timika), yang bertugas melakukan pengamanan di area PT Freeport Indonesia Kabupaten Mimika Papua.
Pada pelepasan itu, seluruh anggota Sat Brimob Polda Sumsel datang. Mereka terbagi menjadi Detasemen Pelopor A, Detasemen B, Detasemen C, serta Detasemen Gegana. Di Papua, mereka akan bertugas selama empat bulan dan dipimpin Kompol Indraduaman selaku Kaden Gegana Brimob Polda Sumsel.
"Sat Brimob Polda Sumsel ditugaskan mengantikan rekan mereka yang telah terlebih dahulu melakukan tugas pengamanan, yaitu dari Satbrimob Kelapa Dua Jakarta. Mereka akan berada di Papua selama empat bulan," kata Saud.
Suasana pelepasan berjalan khidmat. Seluruh anggota yang akan berangkat tampak mendengarkan arahan Saud dengan saksama. Tidak ada yang mengeluarkan suara saat pimpinan mereka memberikan arahan.
Dikatakan Saud kepada anggota yang berangkat, penugasan personil untuk melakukan pengamanan PT Freeport yang merupakan salah satu objek vital, merupakan Implementasi dari KEPRES No 64 Tahun 2004 Tentang Pengamanan Objek Vital. Oleh karena itu, pengamanan ini merupakan tugas negara dan termasuk bagian dari ibadah. Sebab itu, anggota wajib menjalani tugas dengan baik dan profesional.
Masih kata Saud, situasi keamanan di Mimika Papua tidaklah sama dengan situasi kondisi di Provinsi Sumatera Selatan. Berbagai peristiwa yang tanpa terduga sering terjadi. Saud berharap, anggotanya terus memperhatikan situasi perkembangan untuk selalu dimonitor.
"Saat ini situasi memang kondusif, tapi bisa berubah dalam tempo tidak berapa lama. Bisa terjadi peristiwa dan masalah penembakan,” ujarnya.

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.