Berita

PNG-PAPUA Kian Eratkan Kerjasama Berbagai Bidang

Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Bersama Para Delegasi Dari PNG Saat Upacara Kemerdekaan RI. (Jubi/Alex)
Jayapura, 20/8 (Jubi) – Pemerintah Papua Nugini (PNG) ingin bertukar pengalaman dengan Pemerintah Papua, Indonesia, demi peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat kedua negara di masa yang akan datang.
Selain itu, PNG juga meminta  Pemerintah Provinsi Papua  mengirimkan para pelajar muda Papua untuk bisa belajar di negaranya, khususnya dalam hal-hal tertentu yang merupakan keunggulan-keunggulan yang ada di negara tersebut.
“Di sini kami percaya, bapak Gubernur Lukas Enembe ingin para pemuda Papua berinteraksi dengan saudara-saudara mereka dari negara-negara Melanesia lainnya khususnya yang ada di PNG. Dan, untuk kesempatan ini, kita butuh pertukaran antara kedua negara dan kami percaya ini akan sangat berguna untuk membangun masyarakat di kedua Negara. PNG ingin sekali mengembangkan kerjasama dengan provinsi Papua dan kami ingin memulai hal itu,” kata Menteri Pariwisata, Kebudayaan dan Seni PNG, Hon Bokra Kondra, di Jayapura, Papua, Rabu (20/8).
Menurut Kondra, rencana aksi dan berbagai komitmen telah ditandatangani oleh Perdana Menteri PNG dalam kunjungan-kunjungannya ke Papua, Indonesia.
Di dalam kesepakatan-kesapakatn tersebut, lebih banyak memuat tentang hal-hal yang berkaitan dengan kerjasama demi kemakmuran rakyat bagi kedua Negara.
“Kerjasama yang akan dibangun lebih banyak menitikberatkan kepada daerah-daerah yang terletak di sepanjang perbatasan kedua Negara. Dan, sebagai anggota dari parlemen, saya ingin mendorong berbagai isu-isu penting dan isu strategis tentang pembangunan di daerah-daerah sepanjang perbatasan kedua negara untuk terus didistribusikan dan ditingkatkan demi kerjasama yang lebih baik ke depan,” ujarnya.
Kondra katakan, pemerintah Indonesia sangat tertarik untuk meningkatkan kerjasama khususnya bagi daerah-daerah di kedua Negara yang terletak di sepanjang perbatasan khusus kerjasama dalam beberapa sektor tertentu.
“Kami percaya pemerintah Indonesia sangat tertarik akan hal ini. Ini terlihat dari telah dibukanya lintas batas di Sota. tentu ini sangat efektif bagi pembangunan masyarakat khususnya di kedua negara yang hidup di sepanjang daerah perbatasan tersebut. Dan, dari pihak pemerintah PNG, kami akan melaksanakan hal yang sama,” jelasnya.
Dirinya menilai,  daerah-daerah yang terletak di sepanjang perbatasan penting untuk meningkatkan kerjasama dalam beberapa sektor. Pihaknya percaya dengan adanya kerjasama yang berbuah kebijakan , maka seluruh masyarakat  dapat melakukan berbagai aktifitas hidup mereka tanpa rasa takut.
“Saya akan bertemu dengan Perdana Menteri dan rekan menteri yang lain untuk diskusi dan memperkuat lagi kerjasama dengan kedua negara ini yang telah dibahas secara bersama. Saya juga ucapkan terima kasih atas keramah tamahan yang telah diberikan kepada kami selama kunjungan di Papua, Indonesia,” ujarnya.
Sebelumnya. Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Papua, Doren Wakerkwa mengatakan, Pemerintah PNG telah sepakat untuk meningkatkan hubungan kerjasama di bidang pendidikan, kesehatan dan perekonomian dengan Pemerintah Provinsi Papua, Indonesia. Kesepakatan ini keluar dari hasil pertemuan antara Pemerintah Indonesia dengan PNG di Bali pada 8-9 Mei lalu.
“Kita beri kesempatan kepada pemerintah Sandauan untuk datang disini. Sebab kedua negara ini sudah lama melakukan hubungan kerjasama. Namun persoalan yang kita tidak harapkan tiba-tiba terjadi diwilayah perbatasan, mengenai permasalahan terjadinya persoalan ini kita bahas bersama-sama,” kata Doren Wakerkwa.
Dalam pertemuan yang juga dihadiri Menkolpulhukam dan Mendagri, ujar Doren, intinya adalah meningkatkan kerjasama. Sebab dengan adanya kerjasama ini, pemerintah provinsi Papua dapat mengatasi permasalahan yang terjadi di wilayah perbatasan.
“Diharapkan dengan adanya pertemuan ini, pemerintah PNG bisa mengetahui hal-hal yang dilakukan oleh orang-orang yang ada di wilayah perbatasan, sekaligus bisa diarahkan atau dilihat secara langsung supaya membantu Indonesia, serta membantu warga yang keluar masuk perbatasan kedua negara,” ujarnya. (Jubi/Alex)

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.