Berita

Inilah Empat Perda Yang Disahkan DPR Papua

Suasana Sidang Paripurna DPR Papua. (Jubi/Arjuna)
Jayapura, 21/4 (Jubi) – DPR Papua akhirnya mengesahkan empat Rancangan Peraturan Daerah Khusus (Raperdasus) menjadi Perdasus dalam sidang paripurna di ruang sidang DPR Papua, Kamis (21/8) malam.
Keempat Raperdasus yang disahkan menjadi Perdasus tersebut yakni Raperdasus Tentang Keanggotaan Dewan Perwakilan Rakyat Papua Melalui Pengangkatan, Raperdasus Program Strategis Pembangunan Ekonomi Kelembagaan Kampung (Pospek), Raperdasus Penangan Khusus Terhadap Komunitas Adat Terpencil dan, Raperdasus Tata Cara Pemberian Pertimbangan Gubernur Terhadap Perjanjian Internasional.
Untuk tiga Perdasus terakhir, enam fraksi yang ada di DPR Papua menyatakan menyetujui pengesahannya. Namun ada beberapa catatan yang diberikan.
“Fraksi Golkar berpendapat, apabila ketiga Rapardasus itu masih memerlukan pertimbangan, sinkronisasi, maka dapat dilakukan segera setelah penetapan ini,” kata Ketua Fraksi Golkar Iknasius Mimin.
Fraksi PDI Perjuangan menyarankan agar Raperdasus yang telah disahkan itu segera diklarifikasikan ke kementerian terkait.
“Segera dibuat Peraturan Gubernur untuk pelaksananya setelah diklarifikasikan. Termasuk Peraturan Daerah (Perda) yang sudah ditetapkan sebelumnya,” kata Sekrtaris Fraksi PDI Perjuangan Herman Rahail.
Sementara Fraksi Pikiran Rakyat meski menyetujui tiga pengesahan tiga Raperdasus, namun menolak disahkannya Rapredasus Tentang Keanggotaan Dewan Perwakilan Rakyat Papua Melalui Pengangkatan.
“Untuk 14 kursi, kami berpendapat pengesahannya ditunda dan ditinjau kembali pasal-pasal yang ada di dalamnya karena secara sosioligis Raperdasus ini bisa menimbulkan konflik di masyarakat. Dari sisi waktu mengesahkan Raperdasus ini tak akan maksimal,” kata anggota Fraksi Pikiran Rakyat, Sinut Busup. (Jubi/Arjuna)

Sumber : www.tabloidjubi.com

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.