Berita

PT. Pelindo Klaim Terjadi Lonjakan Penumpang Jelang Lebaran

Calon Penumpang Ketika Akan Naik ke Kapal Penumpang Badonsolo di Pelabuhan Jayapura. (Jubi/Arjuna)
Jayapura, 21/7 (Jubi) – PT. Pelayaran Indonesia (Pelindo) IV Cabang Jayapura menyatakan, berbeda dengan tahun sebelumnya, menjelang lebaran kali ini terjadi kenaikan penumpang kapal putih.
Menejer Pelayanan PT. Pelindo IV Cabang Jayapura, Belthasar Amos Unwali mengatakan, tahun ini penumpang kapal putih mengalami lonjakan karena mudik kali ini bertepatan dengan libur sekolah.
“Tahun sebelumnya penumpang hanya sekitar 2.200 orang dan kini meningkat menjadi 2.600 sampai 2.700 orang penumpang yang naik dan turun kapal,” kata Belthasar Amos Unwali, Senin (21/7).
Menurutnya, arus mudik penumpang sudah dimulai dari sejak, 12 Juli lalu yakni sejak H-15 hingga H+15 dan jika diamati sejak itu juga terjadi kenaikan penumpang.
“Akibat terjadinya lonjakan penumpang itu, dipastikan terminal akan over,  sehingga kami menyiapkan tenda yang sifatnya bongkar pasang untuk menampung calon penumpang yang akan melaksanakan mudik,” ujarnya.
Selain kata dia, untuk terminal penumpang sendiri, PT. Pelindo juga menambah kipas angin, AC serta jendela diperbanyak agar penumpang merasa nyaman dan tidak sumpek.
Salah satu penumpang Kapal Putih Dabonsolo yang akan berangkat ke Surabaya, Jawa Timur, Jumardi mengaku memilih mudik dengan kapal laut lantaran bisa biayanya lebih murah dibanding pesawat.
“Apalagi saya mudik bersama istri dan tiga anak saya. Kalau pakai pesawat tiketnya bisa sampai Rp. 10 juta. Tapi ini pakai kapal laut hanya sekitar Rp. 5 juta. Selain itu barang bawaan kalau banyak gak over bagasi kalau pakai kapal laut. Beda dengan pesawat dibatasi,” kata Jumardi. (Jubi/Arjuna)

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.