Berita

Pekerjaan Rumah Bagi Kapolda Papua Yang Baru

Kapolda Papua Baru, Brigjen Pol Yotje Mende (Foto: bharatanews.com)
Jayapura, 18/7 (Jubi) – Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua yang baru saja mengganti pimpinan tertingginya, Irjen Polisi Tito Karnavian diganti Brigjen Polisi Yotje Mende. Pergantian ini diharapkan membawa perubahan bagi masyarakat Papua.
Aktivis HAM dari National Papua Solidarity (NAPAS), Samuel Awom mengatakan, Kapolda Papua yang baru harus membuka ruang demokrasi sebesar-besarnya di tanah Papua, sebagai perwujudan nilai-nilai demokrasi di negara yang mengklaim dirinya sebagai negara demokrasi. Tindakan aparat keamanan yang berlebihan selama pengamanan berbagai unjuk rasa di Papua selama kepemimpinan Tito Karnavian tak mencerminkan nilai-nilai demokrasi dalam berbangsa dan bernegara.
“Kapolda Papua yang baru harus dapat membangun koordinasi dengan berbagai elemen masyarakat sipil untuk membangun demokrasi yang sesungguhnya di Papua,” kata Samuel kepada tabloidjubi.com di Padangbulan, Kota Jayapura, Jumat (18/7).
Bagi NAPAS, kata Samuel, inilah pekerjaan rumah besar yang harus mampu diselesaikan Kapolda Papua yang baru. Berbagai kasus pelanggaran HAM yang tak pernah diselesaikan negara, juga merupakan pekerjaan rumah lainnya bagi Kapolda Papua yang baru. Tidak hanya itu, Kapolda Papua yang baru, diharapkan tak mengeluarkan kebijakan yang tak pro pada rakyat.
Senada dengan hal itu, salah satu mahasiswa Papua di Kota Semarang, Ottis Tabuni, juga berharap ruang demokrasi yang ditutup selama Tito Karnavian menjabat sebagai Kapolda Papua dapat dibuka oleh Kapolda Papua yang baru.
Menurut Ottis, selama Irjen Tito Karnavian menjabat, mahasiswa dan gerakan pro-demokrasi di Papua yang ingin menyampaikan aspirasi selalu dihadapkan dengan tindakan brutal aparat kepolisian.
“Mahasiswa Uncen misalnya, bila melakukan aksi damai, selalu dihadapkan dengan moncong senjata. Padahal tuntutan aksi mereka hanya mengkritis pembangunan. Untuk itu, kami minta Kapolda Papua yang baru tak mengulangi kesalahan yang dilakukan Kapolda Papua yang lama, Pak Tito,” kata Ottis kepada tabloidjubi.com melalui telepon selulernya, Jumat (18/7). (Jubi/Aprila)

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.