Berita

Kapolda Papua : Kejar Kelompok Bersebrangan, Polisi Tak Mau Mati Konyol

Kapolda Papua, Yotje Mende. (Jubi/Arjuna)
Jayapura, 21/7 (Jubi) – Kepolisian Daerah (Polda) Papua menyatakan masih melakukan pencarian dan pengejaran terhadap kelompok berseberangan di wilayah Nimbokrang, Kabupaten Jayapura, Papua pasca penggerebekan aparat Brimob Polda Papua dan Polres Jayapura ke sebuah rumah yang diduga markas mereka di Kampung Berraf, Minggu (20/7) sore sekitar pukul 15.00 WIT.
“Kami lakukan pencarian artinya sejauh ini mendeteksi dan kami selalu tegas tapi bersikap humanis. Saya bersyukur anggota berhasil membubarkan rencana mereka melakukan rapat. Hanya saja kami tak mau ceroboh dalam melakukan pengejaran. Kalau memang mereka bisa dijangkau kami akan lakukan itu. tapi kalau tidak, kami pun tak mau mati konyol,” kata Yotje Mende, Senin (21/7).
Menurutnya, kalau ada yang ingin merdeka, itu yang harus ditanggulangi polisi. Harus ditindak secara hukum dan prosedur. Hanya saja kelompok yang berseberangan itu bergerilya dan mereka menguasai medan.
“Saya menekankan kepada anggota, jangan lakukan pengejaran jika anda kalah medan. Itu aja. Kenapa, apabila kita masuk tentu akan mati konyol,” ujarnya.
Mengenai hasil tim yang dikirim ke Puncak Jaya dan Lanny Jaya untuk mengusut kasus penembakan yang terjadi di wilayah itu beberapa hari, kata Kapolda, masih dilakukan pencarian terhadap para pelaku.
“Kami melakukan pencarian dan mereka melarikan diri ke tempat yang sulit dijangkau misalnya ke pegunungan yang daerahnya curam atau medannya sulit. Hanya kami tak mau melakukan pengejaran dalam kondisi begitu tapi kami akan tegasmelakukan tindakan ketiga berhadapan dan memungkinkan untuk dikejar,” katanya. (Jubi/Arjuna)

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.