Berita

Papua Akan Bawa 2 Tim Tari ke Festival Seni Budaya Melanesia


Jayapura - Pemerintah Provinsi Papua bakal membawa 2 tim tari dalam acara Festival Seni Budaya Melanesia yang akan digelar di Port Morestby Papua New Guinea (PNG), yang akan berlangsung 28 Juni – 11 Juli 2014. 
Bahkan, dalam acara pembukaan Festival Seni Budaya Melanesia ini, Papua akan menjadi tamu kehormatan dalam acara tersebut. “Kita akan bawa 2 tim tari tradisional mengikuti acara ini,” kata Kepala Badan Perbatasan dan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) Provinsi Papua, Suzana Wanggai di Kantor Gubernur Dok II Jayapura, Rabu (18/6). 
Dua tim tari ini, kata Susana Wanggai, berasal dari Jayapura dan Keerom untuk memperkenalkan budaya dari kedua daerah tersebut. 
Selain itu, pihaknya juga akan membawa batik Papua yang akan dipamerkan dalam Festival Seni Budaya Melanesia, apalagi diantara Papua dan PNG terdapat batik juga, termasuk membawa buah merah yang menjadi produk unggulan di Papua. 
Menurutnya, keikutsertaan Papua dalam Festival Seni Budaya Melanesia ini sangat penting sekali bagi Provinsi Papua dalam penyelenggaraan Festival Seni Budaya Melanesia tersebut, agar mereka tahu bahwa di Indonesia juga ada seni budaya dari Rumpun Melanesia, yang merupakan rumpun Melanesia terbesar di Indonesia.
Menurutnya, Festival Seni Budaya Melanesia ini merupakan bagian dari kerjasama dalam bidang seni dan budaya diantara Melanesia Superhead Group (MSG) sehingga dapat meningkatkan kerjasama dengan semua pihak, apalagi ada perwakilan dari 5 negara anggota MSG telah datang ke Indonesia, termasuk ke Papua baru-baru ini. 
“Perwakilan dari MSG yang datang waktu itu, berbicara dengan Gubernur tentang kerjasama. Selama ini, kita hanya dengan PNG, tapi mereka mau bagaimana bisa membuka pintu kerjasama dengan Solomon Island, Fiji dan lainnya,” katanya. 
Menurutnya, kerjasama ini sangat baik sekali karena satu rumpun Melanesia seperti di Hawai ada rumpun Polinesia yang sangat kuat sekali kerjasama budayanya, sehingga hal itu akan mengangkat seni budaya Melanesia di Pasifik Selatan, Papua, Papua Barat, Maluku dan NTT.
Bahkan, dalam acara Festival Seni Budaya Melanesia ini, juga akan diikuti oleh NTT, Maluku dan Papua Barat. “Mereka confirm sudah mau ikut seperti NTT akan membawa 15 anggota dalam 1 delegasi, Papua Barat kami masih menunggu,” katanya.
Untuk keberangkatannya, diakui Susana Wanggai bahwa Pemprov Papua sudah siap dan berkoordinasi terus dengan panitia lokal setempat di Port Moresby dan KBRI dan Kementerian Luar Negeri. 
Ditanya adanya insiden perbatasan apakah mempengaruhi kegiatan ini, Susana Wanggai menambahkan bahwa hal itu tidak mempengaruhi hal tersebut. 
“Sama sekali itu tidak mempengaruhi dan saya pikir itu merupakan moment yang sangat baik sekali. Kita harus ikut serta dalam Festival Seni Budaya Melanesia ini, apalagi Gubernur berjanji akan datang pada saat kunjungan 5 perwakilan MSG,” imbuhnya. (bat/nat)

About Karoba News

Media Online Seputar Ekonomi, Politik, Sosial, Budaya, Pendikan, dan Kesehatan di Tanah PAPUA !
Powered by Blogger.